Novel The Godfather.. mafia yang tidak seperti yang kita pikirkan


sinopsis: novel ini sih bercerita tentang kehidupan satu dari lima keluarga mafia terbesar di new york.. dengan segala problematikanya. segala cerita tentang perang antar mafia, cerita tentang kehidupan bawah tanah yang menguasai hampir semua hajat hidup orang banyak..
godfather sendiri adalah seorang yang bernama vito corleone. seorang dari sisilia yang menyusuri dunia gelap di amerika ketika usianya 12 tahun. seorang kepala keluarga corleone yang menurut para lawannya adalah sebuah keluarga yang kolot karena tak mau bergabung dengan keluarga mafia yang lain untuk bekerja sama dalam bidang narkotika dan hal2 lain yang sulit dibantu di kepolisian.

sebelum saya berbicara panjang lebar soal novel ini, saya mau bilang kalau ini pertama kali saya membaca novel godfather.. dan saya hanya tahu sedikit soal godfather yang mungkin sudah dijelaskan panjang lebar di filmnya.

mari kita bicara soal novel The Godfather.

novel yang isinya mencapai 680 halaman ini memang berisi tentang kisah salah satu keluarga mafia terbesar di amerika. segala keadaan yang terjadi di keluarga itu diwajawentahkan sampai akarnya. mulai dari kisah hidup vito corleone, lalu juga kehidupan ketiga anaknya (karena satu anaknya kurang begitu di singgung kehidupannya sampai karakternya).

vito corleone sendiri adalah sosok kepala mafia yang baik hati, suka sekali bersahabat dengan berbagai macam latar orang.. baik itu orang miskin sampai tak punya apapun lagi, sampai orang yang kaya banget yang duitnya sampe ga ada serinya pun ia bantu.. namun gilanya, bantuan yang ia berikan bisa di analogikan dengan investasi.. jadi dia membantu orang, suatu saat orang itu harus membantu sang godfather sebagai timbal baliknya. setelah timbal balik, entah mau melanjutkan persahabatannya dengan keluarga corleone atau setelah timbal balik selesai tidak mau ada ikatan lagi itu menjadi hak orang yang dibantu.. namun sebenarnya walaupun kebaikan sang corleone itu seperti sebuah investasi, tapi dia juga masih punya hati dan punya rasa kasihan. dia akan berusaha mati2an agar orang yang membalas budinya itu ga mati.

dia memang orang yang ga mau cari mati dengan meribetkan diri dengan pekara yang sulit di meja sidang. oleh karena itu, dia tidak mengambil perjudian dengan narkotika. karena memang itu menjadi hal yang sulit untuk melepaskannya dari kursi pengadilan.

selain itu, narkotika memang menjadi hal yang mungkin ga bagus pada waktu itu. yang jikalau dia memutuskan mengambil narkotika, orang2 yang awam dan miskin pengetahuan soal apa yang menjadi bisnis sampai masa depan itu akan berpikiran bahwa godfather adalah kepala mafia yang sama saja dengan mafia2 lainnya.. selain juga bakal muncul pemikiran kalau nanti balas budi yang diminta godfaher adalah mereka disuruh mengedarkan narkoba pula..

kepribadian don vito corleon memang sangat bagus.. bukan tipe orang yang langsung serang dengan kasar, tapi dia mampu meredam orang kasar dengan kata2nya. bahkan bisa membuat orang kasar berbelok. juga ketenangannya, kelembutannya pada wanita, dan sifatnya yang menjauhi perzinahan walaupun dia sendiri berbisnis di bidang itu membuat dia menjadi sosok yang patut diacungi jempol.

dalam buku setebal 680 halaman ini memang tidak hanya berbicara pekara vito corleone dan perangnya dengan para mafia. tapi juga dibahas tentang beberapa anaknya yang tak kalah seru buat dinikmati. mulai dua anaknya Sony dan Michael Corleon, lalu anak baptisnya Johnny Fontane dan anak angkatnya yang juga jadi consigliori *maaf jika salah ketik* keluarga corleone yaitu Tom Hagen. dan tak luput pula dibahas para caporegime keluarga corleone mulai dari luca brasi, Pete Clemenza, Tosso, sampai Pengawal pribadi Michael corleone. *maaf lupa namanya* serta nino valenti yang hanya teman dari Johny fontane semua dibahas tuntas.

dari kesemuanya memang seru buat diikuti ceritanya. namun bagi saya pribadi ada salah satu kisah hidup yang terpanjang kedua setelah kisah hidup sang vito corleone yang ditulis dibuku ini.. kisah itu adalah kisah hidup Johnny Fontane.

Johnny Fontane adalah sosok pria yang hidup di dunia Hollywood yang glamour.. kehidupannya sebagai seorang penyanyi, lalu kisah cintanya dengan mantan istrinya, lalu menikah dengan orang lain lagi sampai pada usahanya buat menjadi produser film, sangat biasa.. sangat ga menarik buat dibaca.. jujur saja saya sangat bosan dengan cerita Johnny Fontane. saya selalu mengantuk dan kurang antusias buat membaca kalau tiba waktu cerita Johnny Fontane. bahkan kisah hidup dari mantan pacar Sonny Corleone dan kisah mantan pacar Michael Corleone masih lebih menarik ketimbang johnny fontane.. sangat memuakkan dengan segala problematika yang dia aalami di hollywood.

namun kehebatan Mario Puzo sebagai seorang penulis novel The Godfather mampu membuat saya tidak jadi merobek2 halaman bab Johnny Fontane.. karena sebanyak saya membaca novel, kalau sudah terkena bagian dari glamournya hidup selalu dilebih2kan dalam hal apapun. namun mario puzo tidak terbawa oleh itu. yang yah tetap membuat saya mengantuk.. tapi ga sempat membuat saya merobek saja sudah cukup..

kisah demi kisah memang sangat seru buat dinikmati. karakter demi karakter diukir dengan indah melalui pena mario puzo. lawan2 pun juga di tulis karakternya membuat apa yang saya harapkan dari novel ini terpenuhi dengan maksimal.

secara bentuk penggambaran juga tidak bertele2, singkat padat tapi cukup membuat kita meraa mencekam saat tiba waktu perang, lalu saat beberapa keluarga menjadi target lawan, semua mengalir dan dimainkan imajinasi kita dengan indah sampai ada rasa haru, rasa puas seperti apa yang dirasakan oleh para pemain.


penilaian: 9/10

6 thoughts on “Novel The Godfather.. mafia yang tidak seperti yang kita pikirkan

  1. Salut buat bozz yg bs mmaparkn sdmikian rupa ttg tu novel! Emg bnar ap yg ente paparkn diatas. Ane sndiri mlah jd “pengen” kyk don vito dgn jiwa sosialny yg tinggi!
    Tp, soal kisah Jhony Fontane, ane pkir mlah bs nmbah wwasan pmbaca (bgi yg blum tau) ttg khidupn artis holywood dblik lyar N prjuanganny dlm mmprthankn ppularitas.
    Dan yg trakhir.. ente “wajib” nnton trilogy-ny smpe abis tu, biar lengkap! Krn mnrut ane, Don Michael jg tak klah “bijak”ny dlm mmimpin kluarga Corleone hingga kmatianny..

    • ya juga abis dipikir2 kalo soal jhony fontane.. cuma mungkin ya saya sendiri emang rada ga suka aja dengan banyaknya pembahasan soal jhony fontane.. :D

      yang don michael tuh ada dibuku yang apa?? yang the last don?? atau yang omerta??? sekarang saya lagi baca the sicilian…

      makasih ya sudah mampir di dunia bond chan.. sering-sering mampir ya…

  2. Consigliere (konselor/penasihat)
    Salvatore Tessio bukan Tesso.
    Albert Neri, pengawal pribadi & underboss Michael Corleone.
    Cm sdkit koreksi boss.. Hehehehe…
    BTW, bab Johnny F itu emg ngbosenin abisz, ane ja sering lewatin baca-y, untung pas d adaptasi film, peran Johnny F cm sekilas aja. BTW, cb nonton The Godfather Part 2. Lbh “dark” & lbh artistik dr film pertama…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s