perjalanan dorama kurabu


cerita dimulai dari tanggal 5 november 2009 berkumpullah beberapa onggok manusia yang menawarkan diri menjadi anggota dorama kurabu dari angkatan 2009. beberapa onggok itu diterima dan diaudisi *walaupun ga ngerti juga itu audisi atau gimana* oleh mas becky dan mbak lina. dan akhirnya diputuskan untuk membuat oshirase bagi manusia2 yang punya mental baja untuk ikutan dorama kurabu. tepat tanggal 12 november 2009, sebulan pas sebelum gakuensai beberapa biji manusia yang aku pun lupa jumlahnya diaudisi. *ini baru audisi yang beneran*

pertama tama kami manusia2 2009 diperdengarkan rekaman dorama tahun lalu. dan setelah itu audisi pun berlanjut. disuruh membuat sebuah drama dalam waktu 5 menit. dan cerita berlanjut, beberapa pucuk manusia itu dibagi 2 kelompok. dan disuruh membuat sebuah drama dengan cerita yang lebih terfokus dan lebih jelas.. dan setelah itu cerita ga penting…

waktu berjalan… latihan pun dimulai… waktu itu seminggu hanya 2 sampai 3 kali.. padahal kita semua tahu bahwa gakuensai ga sampe sebulan lagi… dan baru pada minggu depan setelah audisi tepatnya pada hari jumat ditentukanlah pemeran..

cerita berlanjut… satu persatu manusia2 2009 pada hilang setelah ditentukan pemeran dikarenakan ketidak fokusan senpai-senpai dan tidak beraninya kohai-kohai untuk ikut campur dalam penentuan pemeran.

dan setelah terbentuk, latihan pun tidak berjalan seperti yang diharapkan.. senpai pada sibuk dengan kepanitiaan, sementara kohai2 menanti.

dan cerita mulai seru nih!!!! baca terus!!!!!!!!!!

Mbak lina: teman2 mau ga pas idul adha kita latihan terus dubbing???

semua: yaaa… ya… ya….

*kalimat percakapan diatas ditulis dengan ingatan saya*

dan hasilnya?????

yang datang hanya beberapa jumput manusia. hanya aku, babul, wiwik, asih, yayan.

hebat bukan???!!!!

dan mbak lina pun mulai marah…. emosi… karena latihan udah ga jalan.. dibela2in biar bisa dubbing malah pada pulang dan ga ikut latihan…

dan jawaban dari mbak lina keesokan harinya, adalah????!!!!!!

kita tampil ga pake dubbing…

semua membisu… diam…. kohai2 pun hanya bisa diam… ga bisa ngomong apa2, takut ngelangkahi…

anak2 2009: semua hanya bisa membisu. diam ga bersuara. ga ada yang berani ngomong. dan sebagian pria2 dorama hanya bisa pasrah sambil berusaha menghapalkan naskah masing2

namun di sisi lain senpai-senpai pada mengusahakan agar bisa dubbing.

puncaknya!!!! puncak rek… dibaca terus!!!!

setelah ryouri kurabu, dengan sisa stamina dan sisa semangat untuk mengusahakan agar bisa tampil maksimal buat dorama kurabu, mas becky bertanya2….

mas becky: sudah berapa persenkah persiapan kita buat drama besok???
semua: diam!!!
mas becky: ngomong banyak hal… lupa… *maaf otak saya cuma 2GB*

oh ada yang tak ingat, *ingat rek ini acara besar… acara ini acara sejawa timur.. apa mau kalian tampil kayak monyet diacara sebesar gakuensai???*

dan esok pun berlanjut…. semua atas titahku berkumpul pagi2 sekali buat bahas jawaban dari mas becky apa mau diteruskan dorama ini.. *walaupun masih ada aja yang bilang, waduh brada aku kesiangan…!!! (hayo sopo iki???)* dan akhirnya diputuskan untuk membuat target dari anak2. hari jumat selesai scene 1-3. hari sabtu selesai scene 4-5. minggu selesai scene 6+nyicil lagu. senin menyelesaikan lagu. selasa-jumat latihan total. <——– inilah jawaban dari anak2 2009.

dan mulai hari jumat itu pulalah semua berubah.. dorama kurabu yang sebelumnya isinya cuma cengengesan doang, semenjak hari jumat itu yang notabene sudah H-7 gakuensai sudah mulai serius..

target kita pun ga berjalan sesuai rencana… hari minggu sudah kelar semua…!!! sampe lagu2 pun kelar..!! good job!!!

hari senin dan selasa aku ga ngerti apa2, dikarenakan my grandpa pulang ke rahmattullah… maaf saya ga bisa bercerita apa yang terjadi dengan dorama kurabu di hari itu…

rabu semua berlatih dengan serius… *ga ada hal menarik yang bisa dibicarakan…*

kamis… semua berlatih seperti biasa.. walaupun cuma sekali doang latihannya, tapi sampe malem banget… jam 9 kurang baru pulang.. hebatttt… dan ketika malam menjelang… semua mungkin telah lelah dan tertidur, aku SMS babul.

guweeeh: rek, aku positif metu teko dorama kurabu. soal penjelasane mene tak jelasno nang kampus. sorrryy banget…. danto.

dan keesokan harinya aku ga kuliah sama sekali, dan ga tahu apa yang terjadi pada hari itu, sampai pada gladi bersih pun aku ga tahu… yang aku tahu katanya ada senpai2 yang di audisi…

puncak dari segala puncak pun tiba!!!! puncak!! puncak!!!

gakuensai 2009… sabtu, 12 desember 2009.

aku keluar dari rumah dengan rasa ga percaya akan bisa keluar dan maen dorama pada hari itu.. semua kaget bukan maen.. terutama anak2 dorama.. kaget yang benar2 kaget.. bahkan aku sendiri ga berpikir bakal sekaget itu..

dan dorama pun dimulai… semua persiapan telah siap. walaupun ditengah2 penampilan sound ada sedikit masalah, nampaknya penonton tak mempermasalahkan…

dan dibelakang panggung, semua menangis terharu.. mengingat perjuangan sebulan buat doramai ini benar2 gila…!!!

sekian..

ini adalah ucapan terima kasihku buat semua anggota dorama. khusus aku buat untuk kalian. dari aku DANTO.

maaf ga ngasih ucapan selamat lewat SMS, tapi ini pengganti ucapanku.

dorama kurabu…..

akirameruna!!!!!!!!!!!!!!!

!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Novel The Godfather.. mafia yang tidak seperti yang kita pikirkan


sinopsis: novel ini sih bercerita tentang kehidupan satu dari lima keluarga mafia terbesar di new york.. dengan segala problematikanya. segala cerita tentang perang antar mafia, cerita tentang kehidupan bawah tanah yang menguasai hampir semua hajat hidup orang banyak..
godfather sendiri adalah seorang yang bernama vito corleone. seorang dari sisilia yang menyusuri dunia gelap di amerika ketika usianya 12 tahun. seorang kepala keluarga corleone yang menurut para lawannya adalah sebuah keluarga yang kolot karena tak mau bergabung dengan keluarga mafia yang lain untuk bekerja sama dalam bidang narkotika dan hal2 lain yang sulit dibantu di kepolisian.

sebelum saya berbicara panjang lebar soal novel ini, saya mau bilang kalau ini pertama kali saya membaca novel godfather.. dan saya hanya tahu sedikit soal godfather yang mungkin sudah dijelaskan panjang lebar di filmnya.

mari kita bicara soal novel The Godfather.

novel yang isinya mencapai 680 halaman ini memang berisi tentang kisah salah satu keluarga mafia terbesar di amerika. segala keadaan yang terjadi di keluarga itu diwajawentahkan sampai akarnya. mulai dari kisah hidup vito corleone, lalu juga kehidupan ketiga anaknya (karena satu anaknya kurang begitu di singgung kehidupannya sampai karakternya).

vito corleone sendiri adalah sosok kepala mafia yang baik hati, suka sekali bersahabat dengan berbagai macam latar orang.. baik itu orang miskin sampai tak punya apapun lagi, sampai orang yang kaya banget yang duitnya sampe ga ada serinya pun ia bantu.. namun gilanya, bantuan yang ia berikan bisa di analogikan dengan investasi.. jadi dia membantu orang, suatu saat orang itu harus membantu sang godfather sebagai timbal baliknya. setelah timbal balik, entah mau melanjutkan persahabatannya dengan keluarga corleone atau setelah timbal balik selesai tidak mau ada ikatan lagi itu menjadi hak orang yang dibantu.. namun sebenarnya walaupun kebaikan sang corleone itu seperti sebuah investasi, tapi dia juga masih punya hati dan punya rasa kasihan. dia akan berusaha mati2an agar orang yang membalas budinya itu ga mati.

dia memang orang yang ga mau cari mati dengan meribetkan diri dengan pekara yang sulit di meja sidang. oleh karena itu, dia tidak mengambil perjudian dengan narkotika. karena memang itu menjadi hal yang sulit untuk melepaskannya dari kursi pengadilan.

selain itu, narkotika memang menjadi hal yang mungkin ga bagus pada waktu itu. yang jikalau dia memutuskan mengambil narkotika, orang2 yang awam dan miskin pengetahuan soal apa yang menjadi bisnis sampai masa depan itu akan berpikiran bahwa godfather adalah kepala mafia yang sama saja dengan mafia2 lainnya.. selain juga bakal muncul pemikiran kalau nanti balas budi yang diminta godfaher adalah mereka disuruh mengedarkan narkoba pula..

kepribadian don vito corleon memang sangat bagus.. bukan tipe orang yang langsung serang dengan kasar, tapi dia mampu meredam orang kasar dengan kata2nya. bahkan bisa membuat orang kasar berbelok. juga ketenangannya, kelembutannya pada wanita, dan sifatnya yang menjauhi perzinahan walaupun dia sendiri berbisnis di bidang itu membuat dia menjadi sosok yang patut diacungi jempol.

dalam buku setebal 680 halaman ini memang tidak hanya berbicara pekara vito corleone dan perangnya dengan para mafia. tapi juga dibahas tentang beberapa anaknya yang tak kalah seru buat dinikmati. mulai dua anaknya Sony dan Michael Corleon, lalu anak baptisnya Johnny Fontane dan anak angkatnya yang juga jadi consigliori *maaf jika salah ketik* keluarga corleone yaitu Tom Hagen. dan tak luput pula dibahas para caporegime keluarga corleone mulai dari luca brasi, Pete Clemenza, Tosso, sampai Pengawal pribadi Michael corleone. *maaf lupa namanya* serta nino valenti yang hanya teman dari Johny fontane semua dibahas tuntas.

dari kesemuanya memang seru buat diikuti ceritanya. namun bagi saya pribadi ada salah satu kisah hidup yang terpanjang kedua setelah kisah hidup sang vito corleone yang ditulis dibuku ini.. kisah itu adalah kisah hidup Johnny Fontane.

Johnny Fontane adalah sosok pria yang hidup di dunia Hollywood yang glamour.. kehidupannya sebagai seorang penyanyi, lalu kisah cintanya dengan mantan istrinya, lalu menikah dengan orang lain lagi sampai pada usahanya buat menjadi produser film, sangat biasa.. sangat ga menarik buat dibaca.. jujur saja saya sangat bosan dengan cerita Johnny Fontane. saya selalu mengantuk dan kurang antusias buat membaca kalau tiba waktu cerita Johnny Fontane. bahkan kisah hidup dari mantan pacar Sonny Corleone dan kisah mantan pacar Michael Corleone masih lebih menarik ketimbang johnny fontane.. sangat memuakkan dengan segala problematika yang dia aalami di hollywood.

namun kehebatan Mario Puzo sebagai seorang penulis novel The Godfather mampu membuat saya tidak jadi merobek2 halaman bab Johnny Fontane.. karena sebanyak saya membaca novel, kalau sudah terkena bagian dari glamournya hidup selalu dilebih2kan dalam hal apapun. namun mario puzo tidak terbawa oleh itu. yang yah tetap membuat saya mengantuk.. tapi ga sempat membuat saya merobek saja sudah cukup..

kisah demi kisah memang sangat seru buat dinikmati. karakter demi karakter diukir dengan indah melalui pena mario puzo. lawan2 pun juga di tulis karakternya membuat apa yang saya harapkan dari novel ini terpenuhi dengan maksimal.

secara bentuk penggambaran juga tidak bertele2, singkat padat tapi cukup membuat kita meraa mencekam saat tiba waktu perang, lalu saat beberapa keluarga menjadi target lawan, semua mengalir dan dimainkan imajinasi kita dengan indah sampai ada rasa haru, rasa puas seperti apa yang dirasakan oleh para pemain.


penilaian: 9/10

SANG PEMIMPI sebuah kisah remaja yang bermimpi


sinopsis: sebuah kisah tentang 3 orang remaja yang masih SMA menjalani hidup yang berat dan bermimpi untuk bisa meraih mimpi2 mereka untuk pergi ke sorbonne.. dan berkeliling eropa sampai ke afrika. namun sialnya masalah ekonomi, dan keraguan atas mimpi mereka membuat mereka harus mencari kepastian apakah mereka akan meneruskan mimpi gila mereka, atau hanya berharap bisa kuliah di jakarta dan mendapat kerja yang cukup.

film ini memang sekuel dari film laris dari riri riza yang berjudul laskar pelangi yang diambil dari tetralogi laris karya andrea hirata. film ini sih masih berkutat tentang kehidupan ikal dan teman2nya di pulau belitong, sebuah pulau yang nun jauh di sana yang saya sendiri ga mikir tuh tempat dimana… *karena mikir bakal bikin kepengen..*

sejujurnya saya sendiri ga seberapa mengambil apa yang mau dibahas di film ini.. dibilang ini film terlalu biasa juga ga, dibilang bagus juga ya… bagus.. tapi kalau dibilang terlalu seperti sebuah film remaja biasa, juga iya.. karena memang selain pembawaan film yang lebih menyerupai kisah2 remaja, membuat film ini terasa seperti tidak ada keistimewaan. karena mungkin tema yang terlalu biasa di bawakan. ditambah dengan akting para pelaku utama yang ga bisa dibilang cukup bagus..

ini masalah yang kata teman saya menjadi hal tersulit dari keputusan membuat film bertema remaja. satu: harus bisa membuat penonton merasa tidak seperti film A yang notabene film A itu hanya film gembel yang ga bisa dibilang bagus. kalau sampe muncul kata2: apaan nih film (film tema remaja yang kita buat) sama aja kayak film A.. berarti film yang dibuat ga akan mengena.. kedua: kalo mau berjudi dengan film remaja harus berani pasang taruhan di akting dan cerita.. karena ujungnya lagi2 bakalan membuat para penonton yang awam pun berkata seperti yang sudah aku ucapkan di awal..

dan kedua hal yang udah diucapkan salah seorang temanku itu muncul di film sang pemimpi. entah aku yang merasa ekspektasi yang ketinggian dari film ini atau memang benar adanya seperti itu, tapi yang jelas aku pribadi merasa pembawaan film ini remaja banget.. bedanya ya dari segi sinematografi yang indah, dan juga pemeran pendukungnya doang..

gilanya riri riza terlalu takut atau mungkin mencoba mencari kealamian untuk film ini dengan memainkan anak belitong asli.. dan hasilnya??? tara….. bisa dilihat sendiri… banyak yang bilang aktingnya kayak ngapalin script.. tapi aku bilang, kurang bagus… kurang banyak polesan…

sebenarnya ga salah mengambil anak belitong asli, biar lebih kerasa belitongnya.. dan juga biar menjaga tradisi.. masak pas laskar pelangi ngambilnya anak belitong asli, tapi pas sang pemimpi ga… mungkin itu yang dipikirkan.. tapi sialnya, entah kenapa anak2 muda itu yang dipilih??? apa mereka ga pernah belajar akting?? kenapa ga ngambil dari anak2 teater daerah situ buat dicast??? kan mungkin hasilnya lebih bagus…

masalah yang banyak diperbincangkan di film ini selaen akting pemaen utama yang kurang, juga pekara pemakaian ariel peterpan.. ayo kita bicara… kenapa hal seperti ariel dipermasalahkan?? ariel toh berakting juga lumayan.. ga parah2 banget.. dan ga kaku banget… walaupun memang kerasanya pas diganti ariel ga diesntuh karakter mendalam arai pas dari kecil sampe remaja.. toh dia cukup untuk memerankan sosok arai di beberapa menit menjelang tamat..

gilanya lagi pekara arai yang diperankan ariel, membuat cukup banyak manusia di sekitar saya memojokkan orang2 yang ga mempermasalahkan ariel di film ini.. secara bahasa mulutnya itu “GA KRITIS dan GA TELITI”.. woooowww… saya dan mungkin banyak orang diluar sana yang berpikiran sama dengan saya berpikir kalo ariel ga ada masalah dengan ariel.. dia masih bagus2 aja.. dan untuk saya pribadi, saya ga menyalahkan yang menuduh saya ga kritis.. tapi maaf untuk beberapa teman yang tersinggung… kalo kalian teliti, kalo kalian kritis coba lihat perkembangan dari ikal jaman masih kecil, remaja dan menjadi dewasa.. wooo lebih besar itu permasalahannya ketimbang ngurusi ariel.. coba lihat, diceritakan pas jaman mereka di jakarta katanya kan hidup susah.. adakah kesinkronasian antara hidup sulit dengan bisa meluruskan rambut dari yang sebelumnya keriting menjadi lurus??? itu jadi hal yang jauh lebih terlihat nyata dan gamblang di depan mata kenapa ga ada yang berkomentar?? terlepas dari akting lukman sardi yang bagus yang membuat riri riza berani berjudi dengan tetap memasang lukman sardi..

dari segi cerita film ini sudah bagus.. dengan digarap 3 kepala langsung memang membuat film ini jadi lebih meresap… dengan sentuhan dari produser, sentuhan dari sutradara memang kerasa banget ceritanya ga ada yang terpaksa garapnya..

dari segi sinematografinya wooowww… masih sama woowww dengan laskar pelangi.. membuat saya pengen ke belitong.. ga hanya berkutat di jawa, bali, dan madura doang…

keseluruhan film ini layak ditonton terserah dengan otak penuh dengan ekspektasi yang mengepul di kepala, atau dengan ekspektasi kosong yang hanya butuh hiburan, itu semua terserah anda, tapi yang jelas bagaimanapun yang ada di otak anda itu akan terpuaskan di film ini…

7/10