Alangkah Lucunya (Negeri Ini) mencari hidup di sebuah dompet


sinopsis : muluk adalah seorang sarjana lulusan management.. dia baru saja dipecat dari perusahaannya karena perusahaanya mengalami kebangkrutan.. ketika dia pulang dari kantornya untuk yang terakhir kalinya, dia melewati sebuah pasar dan menemukan organisasi pencopet cilik yang sedang beraksi.. tangan dari tangan kaki dari kaki.. hingga akhirnya sampai pada ‘pemimpin’ pasukan distrik pasar.. ketika sampai pada pemimpinnya muluk pun berusaha untuk mengejar pemimpin itu.. hingga akhirnya dia menmukan sebuah markas organisasi copet… dia berkenalan dengan pemimpin organisasi itu.. dan berniat untuk ‘bekerja’ dibagian management keuangan para pencopet dengan jatah 10% dari hasil per hari.. dan uang itu dipakai agar mereka nanti tidak mencopet lagi..

cerita berjalan, muluk mengajar teman sekampungnya untuk membantu dari segi pendidikan, dan juga dari segi agama.. dan dari sinilah cerita dimulai… mereka diajari menulis.. mereka diajari pancasila, mereka diajari mengaji, sholat dan mandi…

pencopet di dunia ini memang terbagi atas dua.. seperti kata di film ini : kalau kalian berpendidikan kalian bisa jadi koruptor.. kalau kalian tidak berpendidikan kalian cuma pencopet.. dan sangat seru kalau kita menonton film ini dan memahami ejekan yang dilontarkannya.. dunia yang kejam seakan membuat mereka ga ada pilihan lain untuk hidup makmur.. dan mencopet yang akhirnya masuk dalam pikiran mereka..

dan mungkin bila kita bisa memahami lebih jauh  lagi bahwa sebenarnya : ketika kita kecopetan uang dari dompet kita, kita pasti marah besar.. bahkan bisa sampai membakar hidup2 orang yang mencopet tersebut.. dengan sangat brutal kita melihat betapa buruknya pencopet… namun di sisi lain, di film ini menyatakan bahwa yang harusnya dihukum mati-matian adalah koruptor yang telah membuat banyak orang menderita.. koruptor yang telah mencuri uang negara..

banyak hal yang menarik dari film ini yang bisa dibahas.. dimana sekelompok pencopet yang berorganisasi dengan sangat tepat dan cepat.. cara2 mereka bergerak.. cara mereka mengelabuhi mangsanya.. dan juga cara mereka mengetahui bahwa dunia lebih luas dari yang mereka tahu.. mereka diajari huruf2 karena memang mereka ga pernah sekolah.. mereka mengenal air selain air hujan karena mereka ga pernah mandi.. dan mereka mengenal agama karena mereka sendiri bahkan ga ngerti agama mereka sendiri..

permainan pengambilan gambar di film ini saya pribadi menilai bagus.. dengan berbagai angle yang membuat mata ga bosan.. ditambah cerita dan sentilan2 yang unik dan asik membuat film ini menjadi tontonan dan mungkin jadi calon terkuat bond chan award 2010.. ditambah dengan pemain yang diambil langsung dari jalanan membuat rasa jalanannya sangat muncul dan sangat terasa.. dan liarnya mereka selalu mampu kita rasakan selama lebih dari 90 menit filmnya…

mari kita bicara soal adegan-adegan di film ini.. film ini menyuguhkan banyak adegan2 yang sulit dilupakan.. mulai dari pro kontra kehadiran muluk di sarang mereka (pencopet), lalu ternyata ada oknum polisi yang sebenarnya tahu organisasi copet ini dan mereka minta jatah keamanan setiap mereka mengadakan rapat, lalu ada adegan mandi bareng yang benar2 membuat kita ketawa ditambah lagu yang mengiringi begitu nikmat menonton adegan ini.. adegan menulis untuk pertama kalinya bagi mereka juga ga luput jadi bahan yang lucu untuk disaksikan..  sampai akhirnya pada kritikan pedas terhadap pemerintah yang menggaruk pedagang asongan pun juga membuka mata kita bahwa : jadi pencopet salah, jadi pedagang asongan salah.. tapi jadi koruptor benar..

akting tiap pemain selalu tak luput dari pengamatan saya selama berada di studio.. mulai dari Reza Rahadian Deddy Mizwar Slamet Rahardjo Jaja Mihardja Tio Pakusadewo Asrul Dahlan Ratu Tika Bravani Rina Hasyim Sakurta Ginting Sonia sampai para anak jalanan juga sangat membuat kita merasakan inilah dunia yang sesungguhnya.. saya paling suka dengan akting si reza rahadian dan tio pakusadewo yang mengingatkan saya pada sosok godfather…

kekurangan yang sesunguhnya muncul dari film ini adalah dimana film ini kurang begitu kuat secara promo… padahal uang yang didapat bisa dibilang cukup banyak dari hasil iklan yang setiap 5 menit sekali muncul di film ini… tapi nampaknya uangnya dipakai untuk sendiri.. bukan digunakan untuk mendapat banyak penonton… kekurangan lain yang muncul adalah dari segi ending ya terasa salah tempat.. seharusnya yang berada di ending itu dimasukkan di saat menjelang akhir.. dimana ketika sepeda motor beserta kota asongan di berikan kepada mereka.. bukan di ending yang rasanya membuat sedikit ga ngeh..

tapi secara keseluruhan saya benar2 terhibur, benar2 senang dengan film ini.. sayangnya film ini ga seberapa laku di kota saya…

point : 9,3/10

quote favorit : yang dosanya paling besar adalah mereka yang korupsi.. mereka yang habisin duit rakyat.. yang biarin rakyatnya melarat… yang biarin rakyatnya jadi tukang copet…!!!

based on true story jilid II


sebelum baca postingan yang ini, kayaknya lebih afdol baca based on true story yang pertama.. karena kan dimana2 mesti ada pemanasan dulu baru mulai… nah baca yang jilid I lebih afdol baru baca yang jilid ke II…

tulisan ini saya tulis sekitar 1 menit dari awal kali kegiatan berlangsung.. dan akan saya ceritakan dengan tepat dan cepat dan ini real…!!!!

awal kali saya datang melihat seorang pasangan berpakaian SMP (terlihat dari celana pendeknya) sedang asik melakukan sesuatu sambil memandang ke layar komputer.. saya duduk, menghidupkan komputer, lalu masukkan USER Id.. setelah itu, saya buka playlist lagu favorit yang mesti disediakan sama warnet langgananku ini.. *maklum master ini tempat soalnya* setelah itu saya merasa ada yang mengganjal di kelamin saya.. apakah itu??? kebelet pipis..*penonton kecewa*

ketika berdiri hendak ke kamar mandi, saya melihat cewek di depan saya (sepasang tadi) wow cantik juga sih.. tapi ga pentinglah..

setelah selesai dengan hajatan yang lebih sulit ditahan padahal hajatannya aja ga sampe satu menit, saya buka facebook, saya cek blog.. dan??? mereka masih biasa aja…

dan ketika saya berdiri untuk membuka tas guna mengambil air minum pembelian di luar warnet, saya terperanjak!!!!! kenapa??? gobloknya saya ada 2 botol aqua dingin, dan satu jus kemasan saya tumpuk diatas LAPTOP!!! *penonton tambah kecewa*

setelah itu saya terperanjak lagi!!! kenapa?? karena setelah duduk, saya melihat dari pantulan pembatas yang biasa ada di warnet, tapi disini untungnya pake cat yang bisa memantulkan bayangan.. *yes!!! jadi walaupun ketutupan layar komputer mereka saya bisa melihat di bawah layar, dan lewat pembatas di sebelah mereka..*

wiiiww,,, cerita sesungguhnya dimulai!!!! woww… sang cowok memulai kejantanannya.. berciuman terus.. dan ga lama, mungkin cuma beberapa detik, dia turun dan kepala sang wanita melonjak ke atas.. ada apakah??? *aku ga suka berandai2..*

ku tolehkan kepala lebih jauh agar ga tertutup layar komputer sambil tangan dengan lincah mengetik cerita ini…

semakin.. semakin.. semakin panas suhu di sini… ada apa ya??? owh ternyata ACnya mati.. gondrong…!!! Hidupkan…!!! *penonton kecewa*

cerita berlanjut.. semakin lama.. semakin lama… baju berwarna hijau itu pun nampak sedikit menghilang.. berubah jadi warna apa??? putih!!!!!!! bengggg!!!!!! gila…!!! ini baru dahsyat..!!

dan tangan yang dari tadi meraba ke daerah dada nampak sudah berkurang.. berganti??? kelapa… *kayaknya ga perlu di jelaskan*

kedahsyatan siswa SMP ini benar2 lebih dahsyat dari cerita yang pertama nih.. asli.. lebih berani, namun sialnya saya ga bisa melihat tangan2 kedua pasangan itu.. namun dari kelapa yang nyangkut di dada, baju berwarna putih sudah lebih sangar ekspektasi saya..

mau tahu gimana posisi kaki sang cewek??? kakinya nampaknya disilangkan.. hoo… *master kecewa* lhoo????

kegiatan raba meraba, gerak2 yang membuat master jadi mupeng pun terus dilakukan.. padahal mereka sudah menyapa pas saya mencari2 meja favorit saya yang mereka pakai gt kok masih ga sungkan sama masternya.. mbok ya diajak masternya ini.. *lho???? gelap.. gelap..*

saya pergi dulu ke DF, ketimbang mupeng terus saya lapor sama penjaga…

saya kembali!!! dan melihat posisi kaki sang cewek??? berubah!!!!!!! hebat!!!!!!!!! coba bayangkan, dengan kelapa yang masih meraba2 di daerah dada, kaki sang cewek yang kanan, yang kiri lurus.. apa yang terjadi??? pikir aja sendiri.. saya mah lagi asik2nya denger desahan yang ditahan… *buseeettt!!!!*

eh kemana boy??? si cowok pergi.. tapi nyapa.. emang aku kenal situ??? pake acara nyapa segala… *penonton penasaran cerita selanjutnya..

saya balik ke DF lagi ya…

setelah satu, dua, tiga menit saya menengok lagi sambil berpikir siapa sih tuh bocah sang pelaku utama yang pake acara menyapa aku segala???

setelah itu semua biasa aja.. playlist di winamp yang dari tadi saya matikan guna mendapat sesuatu bukti dari segi audio.. dan telinga saya hanya mendengar tawa canda mereka.. karena ketika aku coba melihat, lho si cowok udah pada posisi normal orang ngenet.. ahhh ga asik…!!!

apa cerita ini disudahi saja??? ya kayaknya ya…

yah sebagai penutup, beginikah kehidupan remaja SMP tahun 2010 ini??? benar2 gila!!! saya cuma beri standing applause lah kepada mereka mampu berbuat sedahsyat itu.. *ini kata2 subyektif dari master* hahahahahahaha… case close…

MAAFKAN KALAU TIDAK FOTO… KARENA SAYA LAGI GA BAWA KAMERA, DAN KAMERA HAPE CUMA KAMERA MURAHAN..

PIOS. ayo berjualan bareng truk dan tronton…!!! mau???


benar2 gila pemerintah surabaya.. dengan memindahkan tiga pasar induk di surabaya yang antara lain : pasar keputran, pasar peneleh dan pasar koblen..  satu kata saat pertama saya mengetahui info tersebut : hebat!!!!

PIOS yang notabene adalah singkatan dari Pasar Induk Osowilangun adalah sebuah wilayah dimana kita bisa menemukan truk bertenaga besar…  kedekatan wilayah osowilangun dengan margomulyo dimana jadi pusat pergudangan terbesar juga membuat PIOS menjadi pilihan yang hebat..  dengan rencana *mungkin* mengurangi jumlah penduduk surabaya yang berjibun hingga bernafas isinya sulit hingga akhirnya diputuskanlah membuat pasar di osowilangun.. kedahsyatan osowilangun saya yakin bisa membunuh banyak orang2 yang mau berbelanja di pasar itu..

kenapa saya bilang begitu?? bukan tanpa alasan.. pasar keputran, pasar koblen, dan pasar peneleh adalah pusat perputaran sembako di surabaya dengan pelanggan terbanyak.. setiap hari bisa dihitung perputaran uangnya.. sebagai pasar yang tidak pernah tidur, pasar itu jelas memiliki pelanggan yang banyak, dan dengan adat istiadat yang bisa jadi gak bisa di rubah oleh pemerintah sendiri.. dengan banyaknya pelanggan yang setiap hari datang dan juga bisa sampai setiap hari ada saja orang yang punya hajatan membuat mereka *mungkin* mau memusnahkan orang2 surabaya barang sedikit… dengan jalan apa?? dengan jalan biarkanlah mereka berbelanja ditemani truk tronton dan truk2 lainnya yang setiap detik kalau kita sedang berada di sana gak melihat truk2 tipe itu pasti akan berpikir “apakah hari ini sedang hari raya idul fitri??”

bicara adat atau mungkin budaya yang sudah turun dari para pelanggan sebenarnya merupakan sebuah masalah kecil yang bisa ya bisa tidak mengurangi pelanggan… di sini, sudah ada dari jaman jebot belanja drive thru.. beli ga pake turun dari kendaraan.. cuma beli apa yang dibutuhkan ke penjual biasanya, kalau misal harga naik ya mungkin tawar sebentar.. kalau ada gossip ya ngomong sebentar.. setelah itu barang dinaikkan ke kantong di kanan kiri sepeda motor, tinggal bayar, siap dijual lagi dah.. ini bahkan juga sudah sangat biasa di pasar2 tradisional dekat rumah saya.. nah pertanyaannya apa masalahnya dengan PIOS??? dengan bentuk menyerupai pasar2 modern seperti pasar genteng, pasar kembang pedagang jelas tidak bisa drive thru.. padahal tahulah bahwa ini bisa dipakai oleh orang2 sekitar pasar yang ga mau berjualan di dalam namun melihat PIOS yang ramai benar akhirnya pakailah drive thru untuk berjualan.. apakah ini sudah dipikirkan?? walaupun saya sendiri menilai tidak seberapa berdampak..

saya pribadi menyesalkan kenapa harus dipindah di PIOS??? saya bukan menolak pemindahan tersebut.. cuma balik lagi ke masalah truk-truk, balik lagi ke masalah jarak, balik lagi ke masalah uang, dan balik ke keabsahan kata guru SD saya dulu ” jangan beli makanan di luar sekolah.. itu ga bersih banyak kena debu..”  .. untuk masalah truk-truk saya rasa sudah saya katakan di awal-awal tadi… untuk masalah jarak sekarang.. apakah pemerintah di sini tidak menilai bahwa PIOS sangat pojok.. sangat menyenangkan tentunya bagi para pembeli yang daerah sana dan sekitarnya.. bagi yang jauh??? waduh… mikir sepuluh kali.. terutama bagi pecinta pasar keputran.. wilayahnya yang tengah kota yang selalu dianggap dekat dengan mana-mana jelas menjadi hal yang dipikir ulang oleh banyak pecintanya wilayah situ.. berikutnya masalah uang… untuk masalah uang nampaknya lagi2 yang disesalkan adalah biaya sewa.. untuk masalah ini perbandinganya cukup gelap… dengan biaya sewa wilayah perhari di pasar lama 2000 sampai 4000 perhari didapat kalkulasi Rp 1.460.000 per tahun…!!! dibanding dengan PIOS : biaya sewanya per meternya saja Rp 3 juta per meter persegi… sementara yang disediakan ukurannya mulai Ada yang 3×8 meter, 3×6 meter dan 3×4 meter untuk lapak sayur. Untuk lapak buah ada yang 3×9 meter, 2×6 meter, 2×3 meter dan 2×2,5 meter. Masing-masing lapak dijual dengan harga Rp 3 juta per meter persegi. Diakui WINURSITO, sejak awal April, harga lapak naik dari sebelumnya Rp 2 juta per meter persegi. hahahaha… bercandanya pemerintah orang surabaya… dan masalah terakhir adalah masalah keabsahan omongan guru2 jaman SD.. dimanakah kebersihan bisa dijaga dengan keadaan macam begitu??? asap truk berderu setiap detik.. bolehlah bilang : kita bisa usahakan daerah pasar bebas polusi truk-truk… tapi diperjalanan menuju konsumen akhir?? ya ga bisa jawab…  bagaimanakah pemkot menyikapi ini??? tidak ada…

tak selamanya potret ini buruk.. ada baiknya… bahwasanya kebersihan kota juga jadi bahan pertimbangan pemkot surabaya.. dan saya setuju itu… bahwa memang semua pasar terkadang sering mengganggu jalannya lalu lintas, dan lain sebagainya… tapi apakah tidak bisa itu ditertibkan??? caranya dengan mengusung anggota satpol untuk menjaga agar para penjual tidak berkeliaran di luar ‘wilayah’ tidak tertulis di situ.. karena yang membuat masalah kan bukan semua pedagang di pasar tersebut.. tapi yang masalah kan pedagang yang ga dapat tempat lalu berjualan di luar wilayah… kenapa digeneralisasi???

mari kita berdiskusi soal kasus ini… saya akan menerima segala pendapat anda.. baik pro atau kontra.. saya tidak akan marah.. dan saya akan langsung minta maaf jika memang apa yang saya tulis ini sebenarnya salah.. tentunya dengan sumber yang tepat… mari berdiskusi…

kalau Wanita diciptakan dari tulang rusuk Adam, pria diciptakan dari dengkul adam


ini sebenarnya hanya hasil dari obrolan panjang yang cukup membingungkan di sebuah status seorang teman.. dan mohon di pahami dulu, bahwa dalam catatan ini dengkul adalah engsel penghubung antara paha dan kaki di atas hamstring.. bukan dengkul dalam arti lain yang sempat membuat saya bingung..

kan kalau di al Qur’an tertulis wanita diciptakan dari tulang rusuk adam.. nah aku keselenting untuk membuat perbandingan untuk pria.. yang notabene tidak tertulis di qur’an.. *ga tahu bener ato ga*. nah begini kalo kataku: “Wanita diciptakan dari tulang rusuk Adam. sementara pria diciptakan dari dengkul adam”.

kenapa pria tercipta dari dengkul adam?? kalau filosofinya wanita diciptakan dari tulang rusuk adam Bukan dari kepalanya untuk dijadikan atasanya. Bukan dari kakinya untuk dijadikan alasanya. Melainkan dari sisinya untuk dijadikan sesamanya,dekat pada lengannya untuk dilindunginya dan dekat di hatinya untuk dicintainya. nah kalo pria tercipta dari dengkul adam karena kalo di ciptakan dari engsel tangan adam, pria tidak bisa menegakkan wanita.. kalau diciptakan dari pinggang adam, sama saja.. karena pinggang tidak bisa berdiri tegap.. tidak di ciptakan dari engsel antara hamstring dan lutut agar pria bisa sedikit menggunakan toleransinya pada wanita..

nah kenapa mesti dengkul??? karena dengkul adalah pusat egois paling utama dari manusia.. karena jika dengkul tak bisa di pakai, kita tak bisa jongkok.. tidak pernah jongkok membuat kita egois… contoh: jika kita melihat anak kecil jatuh.. sementara kita mau menolong cuma berdiri.. duduk pun jelas ogah karena kaki harus lurus.. iya kalau jatuh sementara di bawah adalah lantai yang bersih.. ga masalah.. kalau dia jatuh di jalan???? mau kita berkotor2 buat mereka??? saya berani menjamin 90% orang bakal tidak mau.. Mau jadi reseller di instagram yang beda? Dijamin banyak order!! http://yuk.bi/t1eccf

hal lain yang mendasari saya membuat filosofi bahwa pria terbuat dari dengkul adam karena saya sempat menemukan blog seseorang (ini tidak tahu kebenarannya) yang memuat sebuah puisi beraliran sastra biologis… dimana isinya ya segala macam tentang biologi.. *katanya… ga tahu emang ada atau tidak aliran sastra macam itu* di situ dia menjelaskan bahwa manusia sebenarnya tercipta dari dengkul pria… dia bilang begitu karena filosofinya adalah bahwa sperma pria diambil dari tulang di sekitar dengkul pria… maka dari itu, kenapa kalau ada pria yang sukanya maaf “onani” dengkulnya berbentuk lain dengan manusia pada umumnya…  Punya line? Mau jualan di line tanpa ditolak? Disini jawabannya —> http://yuk.bi/t1ecce

hal itu yang membuat saya membuat perbandingan kata2 Wanita diciptakan dari tulang rusuk Adam dengan pria diciptakan dari dengkul adam.. bahkan juga dengkul seluruh pria..

buat yang sebelum saya bikin catatan ini masih kurang puas dengan obrolan dahulu, mungkin setelah membaca ini bisa memahami..

sekian………………..

NB : tolong sebelum berkomentar soal ini, kita samakan arti kata dengkul di postingan ini.. dengkul = engsel penghubung antara betis dan paha.. (dalam istilah yang dipakai di postingan ini)

saya siap menerima segala macam koreksi.. karena ini sebenarnya hanya berasal dari catatan saya di facebook, dan nampaknya pantas untuk di angkat guna dibicarakan bersama-sama…

April MOP dilarang??? tak mengapa.. tapi apa anda merasa punya agama???


sejarahnya dulu deh… April Mop yang dikenal dengan April Fools diduga mulai diperingati pada abad ke-16 di Perancis. Ketika itu awal tahun baru jatuh pada tanggal 1 April. Cara merayakannya mirip dengan masa kini. Penuh pesta, dansa-dansi sampai pagi. Pada 1562, Paul Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari.

Namun, ada beberapa kalangan yang belum mendengar dan tidak mempercayai perubahan ini. Jadi mereka terus saja memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang-orang inilah yang disebut April Fools atau orang-orang yang tertipu di bulan April.

Cerita lain mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi kuno ketika orang merayakan festival Ceres setiap awal April. Ceres adalah dewi panen yang puterinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya. Suatu hal yang mustahil karena gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga apa yang dilakukan Ceres disebut ‘a fools errand’ atau pekerjaan orang bodoh.

Kebiasaan membohongi teman dan anggota keluarga ini diduga menyebar dari Perancis ke Inggris dan Skotlandia. Lalu menyeberang ke Amerika ketika orang-orang Eropa beremigrasi ke sana.

Di Perancis sendiri disebut Poisson d’avril atau Ikan April. Mereka percaya ikan kecil ini mudah tertangkap atau tertipu. Di Skotlandia istilahnya April gowk yang beratri burung tekukur yang di sana melambangkan kepolosan. Di Skotlandia malah April Fools Day diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day. Jadi hal yang lumrah jika Anda menempelkan tulisan “Kick Me” pada bokong kawan Anda.

nah.. kalo menurut orang yang sok islam banget bilang begini :

Sejarah April Mop

Sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop—yang hanya berlaku pada tanggal 1 April—adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Terutama di kalangan anak muda. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April Mop, atau The April’s Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walaupun sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.

Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami. Tidak saja membaca Al-Qur’an, namun bertingkah-laku berdasarkan Al-Qur’an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur’an. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April’s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

manakah yang benar?? nampaknya memang jadi perdebatan yang sangat sengit..  ada satu sumber dari sebuah peristiwa disambungkan biar jadi sama.. biar ga boleh dilakukan,  padahal ga ada pentingnya juga disamakan bukan?? kalo memang disama-samakan, berarti orang yang lahir pas hari paskah ga boleh merayakan ulang tahun karena di hari itu yesus disalib.. *mohon koreksi* lalu pas saya ulang tahun ga boleh dirayakan hanya karena ulang tahun saya bertepatan dengan agresi militer belanda yang pertama… dan orang jepang dilarang merayakan ulang tahun di tanggal terjadinya pengeboman di hiroshima dan nagasaki.. karena di hari itu, jepang sedang berduka sekali… dan lagi semua umat islam dilarang berbahagia di hari ulang tahunnya kalau ada yang bertepatan dengan tanggal meninggalnya nabi Muhammad SAW

kalau mau bicara soal esensi positif dari April MOP adalah april MOP bisa dijadikan sebuah hari di mana persaudaraan disatukan atau juga di cairkan dengan joke-joke, dengan keusilan keusilan DENGAN MENGETAHUI BATASAN ORANG YANG DIJADIKAN KORBAN.

janganlah kita bicara apakah dengan joke atau keusilan kita semua orang bisa menjadi lebih dekat dengan kita??? tapi pikirlah dengan hal bahwa sebuah hal yang membekas dalam ingatan (terlepas itu indah atau buruk) pasti akan terkenang bukan?? so, kenapa kita tidak memulai untuk menyatukan persaudaraan yang isinya kaku melulu karena isi obrolan cuma masalah tugas sekolah, tugas kuliah, atau tugas kehidupan??? kenapa ga coba meluangkan waktu sejenak untuk tertawa bersama..  asal dengan kaidah : DENGAN MENGETAHUI BATASAN ORANG YANG DIJADIKAN KORBAN.

harusnya kita sebagai manusia yang selalu butuh dengan yang namanya sosialisasi dan mempererat persatuan sebenarnya senang dengan adanya april MOP ini.. kenapa??? karena dalam semua ajaran agama tidak ada yang tidak mengajarkan tidak boleh  bersahabat dengan semua orang…  dan april MOP adalah satu hari dimana ga pakai agama mana yang merayakan, tapi yang ada hanya semua umat manusia bisa mempererat tali persaudaraan tanpa memandang agama… karena maaf biasanya untuk masalah hari raya sebuah agama sebagian besar hanya menyatukan tali persaudaraan dari sesama agamanya…  entah karena apa, namun yang jelas biasanya kebanyakan ga etis ikut hadir di acara silaturahmi mereka sementara kita beda agama…

saya undang anda untuk berkomentar para manusia yang merasa April MOP mengganggu.. tapi saya ga mau bicara soal hal-hal yang maksa disambung-sambungkan hanya demi melarang adanya April MOP…  jika anda tetap melanggar, saya akan hapus komentar anda…

silahkan berdiskusi…

Novel Gajah Mada sekuel pertama. pengalaman adalah guru yang paling berharga


sinopsis: ketenangan kerajaan majapahit yang awalnya tenang, damai, terkoyak oleh makar (pengkhiantan) yang dilakukan oleh para dharmaputra winehsuka (sekelas menteri). para winehsuka itu berencana merebut kekuasaan yang saat ini sedang diemban oleh raja yang bernama Sri Jayanegara.. dan cerita pun dimulai.. tiga pasukan kerajaan pun berpecah… ada yang mendukung makar yang berada di bawah kepemimpinan Rakrian Kuti, ada juga yang masih setia dengan Sri Jayanegara.
sang raja sebenarnya juga hendak menghentikan semua ini.. namun di mata para Bhayangkara (sekelas Ajudan pribadi raja) ini adalah masalah dalam pasukan.. dan Jayanegara hanya diharap untuk bersembunyi agar tidak menjadi bulan2an para winehsuka yang makar itu.. dan petualangan menyelematkan Jayanegara guna lepas dari kejaran Rakrian Kuti dan pasukannya serta cara para bhayangkara yang pada tengah jalan kehabisan pasukan untuk membunuh rakrian kuti pun menjadi konflik utama dalam novel ini…

ini adalah sekuel perdana dari 5 seri novel Gajah mada.. dan di lima seri itu diceritakan bagaimana pada masa jayanegara, lalu setelah jayanegara tiada, dan dilanjutkan dengan menjadikan gajah mada sebagai raja kerajaan Majapahit, hingga muncul sumpah palapa.. sampai pada sekuel akhir menghilangnya Gajah Mada dari peradaban…

novel ini benar2 novel yang bagus.. dimana kita bisa belajar sejarah dengan sangat menyenangkan.. dan apa yang saya katakan ini adalah kata2 yang muncul dari seorang anak manusia yang dari jaman kecil ga suka pelajaran sejarah.. dan secara jujur saya sampe selesai membaca novel ini pun untuk sekedar googling mencari sejarah Majapahit secara mendalam pun ogah… tapi kalau sudah membaca Gajah Mada seperti ga bisa lepas untuk terus menikmati kisah sejarahnya…

awal mula tujuan saya membaca novel ini lebih kepada keinginan saya untuk menyamakan selera film dan novel saya.. dimana saya mencoba untuk membaca novel yang terlihat nyata bahkan kalau bisa yang based on true story.. dan saya tergelitik setelah selesai membaca The Godfather untuk melanjutkan membaca Gajah Mada… dengan bayangan bakal membaca buku sejarah yang membosankan.. dan begitu pula ketika saya membuka halaman pertama sampai beberapa halaman ke belakang… tapi semakin lama, semakin saya tahu bahwa film Three kingdom, the warlords, red cliff I&II yang berisi sejarah pun juga dipunyai oleh indonesia.. pengkhianatan, pertaruhan kerajaan, dan segala macam pun juga dipunya oleh salah satu kerajaan di republik ini…

jika tak percaya silahkan baca sendiri.. anda akan menemukan kenikmatan ketika membaca buku ini sama dengan kenikmatan ketika membaca buku atau menonton film yang saya sebutkan.. namun memang kita tak bisa menemukan strategi perang yang menggila seperti tipe kura2 dll yang kita bisa temukan di red cliff II.. tapi setidaknya itu bisa sedikit terobati dengan strategi gerilya, dan semua strategi dari para bhayangkara dalam mempermainkan ataupun mencoba membunuh para winehsuka yang makar tersebut…

mari kita bicara masalah karakter dari tiap2 orang yang paling banyak muncul… dimulai dari jayanegara, rakrian kuti, Gajah mada, gagak bongol, semua punya porsi yang sangat tepat dan membuat suasana yang panas yang ingin ditunjukkan oleh pengarang pun muncul dengan deras dalam imajinasi kita.. dan untungnya ga ada pembahasan tentang salah satu karakter yang membosankan seperti yang kita temukan dalam novel The Godfather yang membahas soal Johny Fontane yang begitu membosankan buat dibaca… soal gaya bahasa dalam novel ini juga tidak berbelit2 dan tidak membosankan…

tapi ada satu hal yang mungkin rada membosankan, yaitu kertas yang dipakai merupakan kertas buram yang membuat kita mungkin rada2 bosan di awal… seperti membaca buku sekolah terbitan lama….

secara keseluruhan sudah sangat pas dan bagus dan tentunya layak untuk masuk dalam koleksi sekaligus untuk membuktikan bahwa kita punya sejarah bangsa yang patut dibanggakan dimata dunia…

point : 7.5/10