April MOP dilarang??? tak mengapa.. tapi apa anda merasa punya agama???


sejarahnya dulu deh… April Mop yang dikenal dengan April Fools diduga mulai diperingati pada abad ke-16 di Perancis. Ketika itu awal tahun baru jatuh pada tanggal 1 April. Cara merayakannya mirip dengan masa kini. Penuh pesta, dansa-dansi sampai pagi. Pada 1562, Paul Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari.

Namun, ada beberapa kalangan yang belum mendengar dan tidak mempercayai perubahan ini. Jadi mereka terus saja memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang-orang inilah yang disebut April Fools atau orang-orang yang tertipu di bulan April.

Cerita lain mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi kuno ketika orang merayakan festival Ceres setiap awal April. Ceres adalah dewi panen yang puterinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya. Suatu hal yang mustahil karena gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga apa yang dilakukan Ceres disebut ‘a fools errand’ atau pekerjaan orang bodoh.

Kebiasaan membohongi teman dan anggota keluarga ini diduga menyebar dari Perancis ke Inggris dan Skotlandia. Lalu menyeberang ke Amerika ketika orang-orang Eropa beremigrasi ke sana.

Di Perancis sendiri disebut Poisson d’avril atau Ikan April. Mereka percaya ikan kecil ini mudah tertangkap atau tertipu. Di Skotlandia istilahnya April gowk yang beratri burung tekukur yang di sana melambangkan kepolosan. Di Skotlandia malah April Fools Day diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day. Jadi hal yang lumrah jika Anda menempelkan tulisan “Kick Me” pada bokong kawan Anda.

nah.. kalo menurut orang yang sok islam banget bilang begini :

Sejarah April Mop

Sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop—yang hanya berlaku pada tanggal 1 April—adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Terutama di kalangan anak muda. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April Mop, atau The April’s Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walaupun sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.

Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami. Tidak saja membaca Al-Qur’an, namun bertingkah-laku berdasarkan Al-Qur’an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur’an. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April’s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

manakah yang benar?? nampaknya memang jadi perdebatan yang sangat sengit..  ada satu sumber dari sebuah peristiwa disambungkan biar jadi sama.. biar ga boleh dilakukan,  padahal ga ada pentingnya juga disamakan bukan?? kalo memang disama-samakan, berarti orang yang lahir pas hari paskah ga boleh merayakan ulang tahun karena di hari itu yesus disalib.. *mohon koreksi* lalu pas saya ulang tahun ga boleh dirayakan hanya karena ulang tahun saya bertepatan dengan agresi militer belanda yang pertama… dan orang jepang dilarang merayakan ulang tahun di tanggal terjadinya pengeboman di hiroshima dan nagasaki.. karena di hari itu, jepang sedang berduka sekali… dan lagi semua umat islam dilarang berbahagia di hari ulang tahunnya kalau ada yang bertepatan dengan tanggal meninggalnya nabi Muhammad SAW

kalau mau bicara soal esensi positif dari April MOP adalah april MOP bisa dijadikan sebuah hari di mana persaudaraan disatukan atau juga di cairkan dengan joke-joke, dengan keusilan keusilan DENGAN MENGETAHUI BATASAN ORANG YANG DIJADIKAN KORBAN.

janganlah kita bicara apakah dengan joke atau keusilan kita semua orang bisa menjadi lebih dekat dengan kita??? tapi pikirlah dengan hal bahwa sebuah hal yang membekas dalam ingatan (terlepas itu indah atau buruk) pasti akan terkenang bukan?? so, kenapa kita tidak memulai untuk menyatukan persaudaraan yang isinya kaku melulu karena isi obrolan cuma masalah tugas sekolah, tugas kuliah, atau tugas kehidupan??? kenapa ga coba meluangkan waktu sejenak untuk tertawa bersama..  asal dengan kaidah : DENGAN MENGETAHUI BATASAN ORANG YANG DIJADIKAN KORBAN.

harusnya kita sebagai manusia yang selalu butuh dengan yang namanya sosialisasi dan mempererat persatuan sebenarnya senang dengan adanya april MOP ini.. kenapa??? karena dalam semua ajaran agama tidak ada yang tidak mengajarkan tidak boleh  bersahabat dengan semua orang…  dan april MOP adalah satu hari dimana ga pakai agama mana yang merayakan, tapi yang ada hanya semua umat manusia bisa mempererat tali persaudaraan tanpa memandang agama… karena maaf biasanya untuk masalah hari raya sebuah agama sebagian besar hanya menyatukan tali persaudaraan dari sesama agamanya…  entah karena apa, namun yang jelas biasanya kebanyakan ga etis ikut hadir di acara silaturahmi mereka sementara kita beda agama…

saya undang anda untuk berkomentar para manusia yang merasa April MOP mengganggu.. tapi saya ga mau bicara soal hal-hal yang maksa disambung-sambungkan hanya demi melarang adanya April MOP…  jika anda tetap melanggar, saya akan hapus komentar anda…

silahkan berdiskusi…

18 thoughts on “April MOP dilarang??? tak mengapa.. tapi apa anda merasa punya agama???

  1. thank’s y bond2..
    saya jadi ngerti sekarang..
    dan alhamdulillah, saya ga pernah ikutan ngerayain april mop..🙂

    • oke,…. ini titut anak kelas???? ga pernah ngerayain april MOP??? siap2 jikalau solbud ngerti.. hahahahahaha…. anda akan merasakan april MOP… ;devil laugh;

  2. Blog anda itu isinya sebagian memang pemikiran anda tapi bisakah suatu pemikiran itu ditumpahkan secara sopan, halus, dan lembut. Kita manusia memang ditakdirkan untuk berbeda dalam segala hal. Pemikiran, jenis, dan berbagai hal. Saya membaca semua blog anda. Berani bukan berarti harus kasar, Kesal bukan berarti harus dengan kasar….Walau kita punya KEMAMPUAN yang lebih dari semua orang bukan berarti kita tidak dibatasi oleh apapun.Semua itu ada batasan.Saya bukan ustadz atau ahli agama, Allah SWT saja melarang kita untuk berbuat secara berlebihan baik makan,bersikap, bercanda, dan lain2.BATASAN membuat hidup teratur…BATASAN itu membuat ANDA yang membedakan ANDA sebagai MANUSIA dengan MAKHLUK LAIN seperi binatang..kalau semua orang tidak ada batasan maka DUNIA DALAM SEKEJAP AKAN HANCUR.BISA SEDETIK,SEMENIT,SEJAM……
    SEMUA ISI BLOG ANDA INI SUATU ISI YANG BISA MEMANCING KEMARAHAN ORANG LAIN.BERDEBAT DENGAN ANDA PUN ADALAH SUATU YANG SIA-SIA.ANDA IBARAT SEORANG ISRAEL YANG KERAS KEPALA YANG MERASA SEMUA ITU JAWABAN DAN DIBALAS DENGAN PEMIKIRAN ANDA SENDIRI TANPA ADA BATASAN2 YANG ADA.ingat bung KARMA ITU ADA.APA YANG ANDA TULIS,UCAPKAN, DAN TINDAKAN itu adalah doa…….

  3. apakah di postingan ini saya masih menjelek2kan agama??? tolong buktikan yang mana….

    dan masalah berlebih2an, apakah anda tidak membaca : asal dengan kaidah : DENGAN MENGETAHUI BATASAN ORANG YANG DIJADIKAN KORBAN. coba baca di atas sudah ada dari pertama saya posting…

  4. kalimat ini==>”kalo menurut orang yang sok islam banget bilang begini : ”
    &
    kalimat ==> “kalau mau bicara soal esensi positif dari April MOP adalah april MOP bisa dijadikan sebuah hari di mana persaudaraan disatukan atau juga di cairkan dengan joke-joke, dengan keusilan keusilan DENGAN MENGETAHUI BATASAN ORANG YANG DIJADIKAN KORBAN.

    janganlah kita bicara apakah dengan joke atau keusilan kita semua orang bisa menjadi lebih dekat dengan kita??? tapi pikirlah dengan hal bahwa sebuah hal yang membekas dalam ingatan (terlepas itu indah atau buruk) pasti akan terkenang bukan?? so, kenapa kita tidak memulai untuk menyatukan persaudaraan yang isinya kaku melulu karena isi obrolan cuma masalah tugas sekolah, tugas kuliah, atau tugas kehidupan??? kenapa ga coba meluangkan waktu sejenak untuk tertawa bersama.. asal dengan kaidah : DENGAN MENGETAHUI BATASAN ORANG YANG DIJADIKAN KORBAN.

    harusnya kita sebagai manusia yang selalu butuh dengan yang namanya sosialisasi dan mempererat persatuan sebenarnya senang dengan adanya april MOP ini.. kenapa??? karena dalam semua ajaran agama tidak ada yang tidak mengajarkan tidak boleh bersahabat dengan semua orang… dan april MOP adalah satu hari dimana ga pakai agama mana yang merayakan, tapi yang ada hanya semua umat manusia bisa mempererat tali persaudaraan tanpa memandang agama… karena maaf biasanya untuk masalah hari raya sebuah agama sebagian besar hanya menyatukan tali persaudaraan dari sesama agamanya… entah karena apa, namun yang jelas biasanya kebanyakan ga etis ikut hadir di acara silaturahmi mereka sementara kita beda agama… ”

    ANDA ITU SEPERTINYA BERPENDAPAT TAPI TIDAK TAHU ILMU2….SEPERTI TONG KOSONG NYARING BUNYINYA….TIDAK TAHU MASALAH YANG SEBENARNYA GAK USA KOMENTAR….
    MANA ADA ORANG YANG ISLAMNYA SOK BANGET……YA ORANG ISLAM YA ISLAM…ANDA TAHU ISRAEL???ANDA TAHU YAHUDI??ANDA TAHU AMERIKA??ANDA MERASA HEBAT DENGAN ARTIKEL ANDA????DARI DULU DAN DARI ZAMANNYA RASUL,….YAHUDI ITU TIDAK PERNAH IKHLAS…..CAMKAN SEKALI LAGI……YAHUDI TIDAK PERNAH IKHLAS ATAS AGAMA ISLAM…..MEREKA TERUS MENCARI CARA AGAR AGAMA ISLAM RUNTUH….MEREKA TIDAK SECARA TERANG TERANGAN MELAWAN AGAMA ISLAM TAPI LEWAT YANG LAIN…LEWAT BUDAYA,LEWAT TV,DAN LAIN-LAIN……APA ITU APRIL MOP??APA ITU VALENTINE??APA ITU HARI IBU??BELAJAR LAGI KE USTADZ OR ORANG YANG AHLI AGAMA….TAU ILMU DULU BARU BERKOMENTAR……..BLOG YANG BISA MEMANCING KEMARAHAN….ANDA SEBENARNYA ISLAM OR BUKAN GAK SIH??? JANGAN SOK TAHU KALAU TIDAK TAHU ILMUNYA…….

    • oke bisa dibilang saya tidak mengetahui ilmunya, lalu bagaimanakah ilmunya sebenarnya?? karena biasanya yang bilang ga boleh ada april mop cuma gara2 ada pembantaian di spanyol doang.. sebuah peristiwa yang disambung2in saja..

      saya orang islam yang ga doyan menelan mentah2 sesuatu yang ga tentu benar yang menurut orang salah… terserah kalau memang postingan ini membuat emosi, karena menurut saya postingan saya yang ini ga menggunakan kata2 yang terlalu sarkas seperti postingan saya soal obrakan gay dan lesbi…

  5. membaca 2 artikel anda ( tentang gay dan april po ini), klo menurut sy permasalahannya adalah cara anda menyampaikan postingan anda ini ( yg notabene adalah pemikiran anda), mungkin tanpa anda sengaja terlalu subjektif. apalagi masalah yg anda posting, bisa dibilang lumayan ‘sensitif’…..

    contoh aja nih di postingan ini ( maaf ya…klo terkesan mengajari). klo anda mau posting tentang april mop, memang sudah tepat anda memaparkan berbagai versi sejarah ttg april mop, baik versi non-islam dan islam. tp ga usah dibumbui dgn kata2 yg menurut sy ga perlu (misal “sok islam banget”), yg terkesan memojokkan.

    trus, klo anda menyajikan suatu fakta (misal sejarah april mop tadi), tp anda tidak tau tingkat kebenarannya, alangkah baiknya anda ungkapkan sebelum anda menulis pendapat sendiri mengenai yg anda ungkapkan tsb. misalnya dgn kata2 “terlepas dari benar atau tidak sejarah april mop di atas, tapi menurut pemikiran saya….bla2”. kan jd lebih enak…..

    sekali lg maaf ya…..

    • terima kasih banyak atas koreksinya.. karena saya pribadi akan menjawab komentar yang halus dengan jawaban yang halus juga.. kalau komentarnya sudah mengandung emosi menggebu, ya saya (secara pribadi) akan menjawab sehalus mungkin dengan kadar yang sedikit berbeda karena saya juga punya hati…

      untuk masalah subyektifnya memang banyak teman saya yang ga berkomentar lewat blog ini tapi ngomong langsung ke saya (tanpa berbicara postingan saya soal gay dan lesbi karena itu urusan yang berbeda) bahwa memang masih jauh dari obyektif.. tapi saya tetap dan terus berusaha untuk berbicara dengan seobyektif mungkin..

  6. ane setuju dengan Aris…anda sebenarnya punya talenta dalam menulis…….cobalah menulis yang merupakan pemikiran yang mengubah dunia atau mengubah lingkungan sekitar anda…..Siapa tau anda bisa menjadi penulis kambing jantan?…..hm…..teruskan….saya hanya lebih suka membaca daripada menulis…..

    • baiklah.. saya akan berusaha semaksimal mungkin…

      bentar2 anda lebih suka membaca daripada menulis??? berarti anda sering mengupdate postingan di sini kah??? (Ge er mode on) yah kalau memang sering, mungkin anda juga harus sering berkomentar di sini.. biar saya juga bisa terus memperbaiki postingan2 saya berikutnya… kan itu juga bagian dari membantu sesama manusia..???

  7. Blog-Blognya dia, mau diisi apa juga suka-suka si Bond lah, kalo ga suka cukup komentar, ga perlu melarang orang, karena yakin kita juga dasarnya ga mau dibatasi, kecuali si bond udah nyerang secara personal ke pihak tertentu secara serius, kan udah ada UU ITE tinggal laporin aja.

    Coba yang lain nyimak aja, baca isi hati orang yang kadang berseberangan dengan kita, asik kok.

    • wah makasih banget mas/mbak ya ini?? beneran makasih banget… udah biasa lah emang banyak yang sering salah mengerti bahasa saya.. bahkan karena terlalu pendek memahami kata2 saya jadinya banyak yang bilang saya homo, saya mendukung konferensi gay dan lesbi.. coba aja buka tuh postingan soal gay dan lesbi…
      cuma memang kalau mau dibilang subyektif saya memang masih merasa sangat subyektif…

    • Waduh semprul keparat..sesuai dengan namanya….justru sebagai manusia memberitahu dan mengingatkan…gak ada larangan kok untuk berkomentar dan punya blog sendiri….tapi alangkah baiknya belajar dari kesalahan kesalahan dan kritikan orang lain itu membuat manusia menjadi lebih baik…tau gak kenapa saya mendapat link blog dunia bond chan???tidak sengaja saat saya mencari bahan2 buat networking security komputer tp saya lupa dari blog siap ya…….saya iseng2 tuh baca…KAGET…SURPRISE banget isinya….kita manusia ya punya perasaan dan juga punya sifat saling mengingatkan dan membantu. Manusia yang sukses itu adalah manusia yang siap menerima segala kritikan….Saya salut sama bond chan…setiap minggu sekali saya selalu liat blog ini……mungkin suatu saat saya juga akan menulis seperti BOND CHAN…..UNTUK SEMPRUL KEPARAT…ANDA orang bodoh hanya membaca tapi tidak berkomentar…..ANDA MARAH DIBILANG BODOH….itulah manusia yang menerima aja segala hal tanpa ditelusuri benar or salah apa yg anda terima…..PEACE!!!!

      • saya kira situ dapet link dari ormas islam, mas… hehehehehe… yah untungnya mulai dari tulisan saya soal gay dan lesbi *yang notabene membuat blog ini rame* saya ga pernah menghina orang… karena memang saya juga merasa bersalah atas tulisan itu…

        makasih banget kalau setiap minggu mampir ke sini… yah mungkin anda setiap mampir dan ada postingan baru harusnya kasih komentar juga…

  8. Saya mampir keblog ini secara tak menyengaja,

    Benar sabda Nabi Muhammad, ” Berkata yang baik atau diam ” untuk yang menulis (tak ada salahnya juga yang memberi komentar) sebaik-baiknya adalah belajar dulu ilmunya khususnya bagi muslim yang baik : ” menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim” diantara adab menuntut ilmu adalah diam untuk hal-hal yang tidak ia ketahui, dan serahkan kepada ahlinya, jika tidak demikian tinggal tunggu kehancurannya.
    Ya, alhamdulillah saya bukan ahlinya.

    Saya nukilkan salah satu tulisan dari siaran langsung seorang ahli dakwah yang berjudul :
    Selayaknya kita mengambil ibrah
    Oleh: Ustadz Ali Musri
    Tempat : Live dari Madinah dan Studio Rodja

    Allah telah mengisahkan bagaimana menghancurkan kaum terdahulu karena diakibatkan dosa-dosa mereka, maka selayaknya kita mengambil ibrah (pelajaran) dari kisah-kisah kaum terdahulu yang telah binasa, ditimpa azab dan bencana.
    Allah berfirman:
    � فَكُلّاً أَخَذْنَا بِذَنبِهِ فَمِنْهُم مَّنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِباًوَمِنْهُم مَّنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُم مَّنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَوَمِنْهُم مَّنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِن كَانُواأَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ�
    “Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.” (Al-Ankabuut [29] : 40).
    Dosa dapat membuat hati keras dan buta dari kebenaran, akan menutup pintu hati dari melihat kebenaran dan membuatnya terbalik dalam menilai.
    Ada banyak akibat yang ditimbulkan dosa terhadap manusia, baik itu pada hatinya, maupun pada bentuk bencana-bencana yang dialami manusia. Kajian ini mengingatkan kepada kita agar sungguh-sungguh memperhatikan kehidupan kita, bahwa dosa-dosa akan membawa pengaruh buruk dan mengakibatkan kerusakan bahkan kebinasaan kepada manusia. Jangan sampai kesenangan dan segala kenikmatan yang kita dapatkan justru�membuat kita lalai, � sebagaimana Allah berfirman:
    � فَلَمَّا نَسُواْ مَا ذُكِّرُواْ بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍحَتَّى إِذَا فَرِحُواْ بِمَا أُوتُواْ أَخَذْنَاهُم بَغْتَةً فَإِذَا هُممُّبْلِسُونَ�
    “Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” (QS Al-An’am [6] : 44)

    • berarti saya lebih baik ketimbang orang yang lebih menyesatkan sesamanya dengan pernyataan april MOP dilarang karena ada hubungannya dengan peristiwa pembantaian di spanyol… kenapa saya bilang saya lebih baik karena ketika saya berpendapat di sini saya mampu setidaknya membuat orang bertanya dan tidak mudah menerima secara mentah2 tentang suatu hal..

  9. nice post bro, cuma hati2, kan topik ini sensitif dan bro tau sendiri, ga semua orang bisa nerima. keep writing bro, gw tunggu selanjutnya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s