Sehari Tanpa Kerupuk Sama Gila dengan Sehari Tanpa Nasi


Seminggu kemarin muncul wacana dari menteri di atas sana kalo mau meniadakan nasi selama satu hari, atau lebih dikenal dengan gerakan satu hari tanpa nasi. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, bak bom atom semua gempa. Semua menolak. Karena kalau gak makan nasi, mau makan apa? Makan jagung gak bisa sama kenyangnya dengan nasi. Malah buat yang ga doyan jagung seperti saya, bisa sakit perut. Akhirnya, entah dimana wacana itu. Entah masih bergulir atau tidak, yang jelas Indonesia masih butuh nasi tanpa diganti jagung, apalagi ubi yang bisa membuat (maaf) kentut berbau luar biasa.

Nah, banyak sebenarnya bahan pangan atau apapun lah namanya yang sangat krusial jika dihilangkan barang sehari saja di negeri Indonesia kita yang tercinta ini. Mulai dari cabe. Orang akan berteriak sekencang-kencangnya jika ada wacana SEHARI TANPA CABE. karena cabe sudah menjadi resep paling favorit bagi orang indonesia. Selain cabe, ada lagi yang sangat krusial untuk dihilangkan dalam sehari. Yaitu : KERUPUK.

Aneh, lucu, bahkan sulit dipercaya jika anda berpikir dimana letak krusialnya sebuah kerupuk.  Dari mananya sebuah makanan yang berbahan dasar tepung dan garam saja itu bisa sangat krusial bagi rakyat indonesia? dan mengapa kerupuk bisa disejajarkan dengan nasi, dan cabe sebagai bahan makanan paling krusial? jawbannya adalah : karena masakan Indonesia belum klop kalau tidak memakai kerupuk.

Kerupuk adalah makanan khas yang sejauh yang saya dapatkan sumber infonya hanya dikonsumsi orang indonesia. Tidak salah jika saya berkata kalau Indonesia adalah pemakan kerupuk terbanyak di dunia. karena kerupuk erat hubungannya dengan makanan indonesia. Mari kita urutkan makanan yang ga enak kalau tak ada kerupuk.

  1. Lontong Balap khas surabaya adalah makanan yang selalu berkaitan erat dengan kerupuk. Bagi pecinta lontong balap, kerupuk adalah komposisi wajib selain kecambah, tahu, lento, dan kuah lontong balapnya tentu saja. Plus bagi yang membawa uang lebih biasanya menambahkan kerang sepuluh tusuk sebagai komposisi wajib dalam lontong balap yang akan disantap.
  2. Tahu Campur juga tidak bisa dilepaskan dari yang namanya kerupuk. Kalau kerupuk yang ada di lontong balap adalah kerupuk biasa yang berwarna putih, kalau tahu campur memakai kerupuk udang. Memang berbeda, tapi tetap satu rumpun. Yaitu rumpun : Kerupuk.
  3. Gado-Gado juga tidak bisa dilepaskan dari kerupuk. Kalau tanpa kerupuk, justru namanya bukan Gado-Gado tapi salad.
  4. Masakan Padang adalah salah satu makanan yang paling nikmat dengan ditambah kerupuk.  Bahkan si penjual masakan Padang langganan saya menanamkan tiga hal dalam menikmati masakan Padang. pertama, makan harus pakai tangan. kedua adalah baca doa. ketiga ada kerupuk yang renyah.
  5. kalau daritadi hanya dari hanya makanan dari jawa dan sumatera saja, sekarang saya akan memberi contoh makanan dari wilayah timur indonesia. yaitu : Papeda. Papeda adalah makanan khas maluku yang terbuat dari sagu. Makanan ini pun kalau tanpa didampingi kerupuk mungkin bagi yang lidahnya terlalu bertele-tele dengan makanan aneh (seperti saya) bakal langsung muntah karena terlalu empuknya sagu. Karena itu butuh makanan yang gurih untuk menghilangkan eneg yang berasa dari sagu papeda.
  6. Satu lagi makanan yang bahan dasarnya kerupuk. Makanan ini berbeda dengan soto ayam lamongan yang memakai koya (yang berbahan dasar kerupuk udang). Makanan ini murni memakai kerupuk sebagai “lauk”nya. Maaf sebelumnya buat orang Sumbawa, kalau penulisan nama makanannya salah. Nama makanan itu adalah Sepat. Lauknya adalah Rambak kulit sapi. Dengan dicampur sayur entah berantah. Saya dulu waktu kecil suka sekali makan itu. Pahit-pahit asam gitu rasanya. (kalau yang masak ibu saya. ga ngerti sebenarnya gimana rasanya)

Masih banyak lagi makanan yang berbahan dasar kerupuk atau memakai kerupuk sebagai teman makan mereka. Belum terasa krusial memang fungsi kerupuk dalam contoh makanan yang saya sebutkan diatas. Namun sadarkah anda bahwa kerupuk pun juga menjadi ‘lauk’ bagi orang yang berada di bawah garis normal pendapatan orang normal??? ya.. Kerupuk menjadi ‘lauk’ yang bisa dimakan bersama nasi.  Sekarang tinggal membayangkan sendiri, ketika mereka sudah cukup bosan makan hanya dengan nasi dan garam, mereka ingin sedikit mewah dengan makan pakai kerupuk,  apakah masih tega kerupuk dihilangkan barang sehari saja??

Belum lagi urusannya dengan tenaga kerja yang berada dibalik sebuah kerupuk yang dikonsumsi ribuan orang perhari di indonesia. Karena seperti yang sudah saya singgung diatas, kerupuk bukan hanya berkutat pada barang berwarna putih, berbulat-bulat yang membentuk bulatan panjang saja, tapi ada kerupuk udang, ada kerupuk rambak, dan masih banyak kerupuk yang terbuat dari buah dan sayuran. Itu semua butuh makan setiap hari, dan pengusaha kerupuk pun butuh barang yang sudah di stok 2-3 hari yang lalu bisa keluar pada hari ini. Kalau barangnya tidak keluar, lalu tidak renyah lagi, lalu pengusaha bakal merugi. Kalaupun dijual bakal merusak kualitas kerupuk buatannya.

Daritadi kita berbicara panjang lebar tentang betapa krusialnya sebuah kerupuk bagi nusa bangsa. Sampai-sampai saya mungkin lupa berbicara apa kabar di luar negeri jika ada sehari tanpa kerupuk juga. Nah,  saya telah mengumpulkan beberapa sample makanan yang menguatkan bahwa diluar negeri kerupuk bukanlah makanan yang sama krusialnya dengan di indonesia.

  1. Martabak yang notabene adalah makanan khas india dan sudah sangat cocok dengan lidah orang indonesia sampai-sampai martabak pun seperti ‘dinaturalisasi’ oleh PKL dimanapun di indonesia pun adalah sebuah makanan yang tidak cocok jika dimakan bersama kerupuk.
  2. Spagheti adalah salah satu makanan yang paling tidak cocok dimakan bersama kerupuk. Siapa yang mau makan spagheti bersama kerupuk? hanya orang aneh bin kurang kerjaan yang akan makan itu.
  3. steamboat adalah satu diantara makanan yang sangat sangat sangat bahkan saya sempat mengincipi demi tulisan ini makan steamboat yang paling murah dengan kerupuk di sebuah food court di dekat kampus saya. Dengan dilihat oleh banyak orang, saya tidak peduli yang penting saya punya bukti.
  4. Sushi adalah makanan yang tidak cocok juga dimakan dengan segala jenis kerupuk. Baik itu kerupuk biasa yang harganya sekarang seribu dapat tiga buah, sampai kerupuk rambak yang membuat tenggorokan butuh dibasahi dengan air. walaupun ada maki sushi yang notabene renyah-renyah garing gitu, tapi tetap Sushi adalah makanan yang tidak cocok untuk disandingkan dengan kerupuk.
  5. Junk food macam McD, KFC, dan saudara2 seperanakannya itu juga merupakan makanan yang tidak cocok dimakan bersama kerupuk. Mungkin ada orang berselera aneh yang makan itu bersama kerupuk udang, namun itu hanya sebagian kecil.

Hal diatas adalah yang membuat saya mengukuhkan negara tercinta saya ini sebagai pemakan kerupuk terbanyak didunia.  Oleh karena itu, untuk bapak menteri atau bapak-bapak yang lain yang berada di pemerintahan, janganlah terlalu gila untuk membuat wacana sehari tanpa kerupuk. Karena kerupuk pun sama krusialnya dengan nasi bagi kelangsungan bangsa dan negara tercinta ini.

6 thoughts on “Sehari Tanpa Kerupuk Sama Gila dengan Sehari Tanpa Nasi

    • wehh… bro tonosaur akhirnya muncul lagi.. lama ga pernah mampir ke dunia bond chan bro???😀

      makasih udah mampir ke dunia bond chan… sering2 kasih komentar lagi ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s