Selamat Ulang Tahun Surabaya Part 2 -Apa Benar?-


Pagi bond bond..😀

Maaf nih yang udah nunggu seminggu lebih lanjutan kado ulang tahun dari Dunia Bond Chan untuk kota Surabaya.. Tapi dijamin dua tulisan ke depan ini bakal memuaskan dahaga nunggu lebih dari semingguan lebih ini.. Ga pake lama, ga pake suwe.. Monggoh..

Surabaya.. Sebuah kota besar, kota metropolis, dan menjadi kota terbesar kedua di Indonesia ini menurut segelintir penelitian merupakan pemasok utama segala macam kebutuhan sekunder untuk wilayah jawa timur dan seluruh pulau di Indonesia bagian timur..

Banyak yang sudah mengenal Pasar Turi -yang kini berubah nama (sementara) menjadi PGS (Pusat Grosir Indonesia)- lalu Tunjungan Plaza, belum lagi Hi Tech Mall, dan duo pusat Handphone terbesar di kota ini WTC dan Plaza Marina.

Tempat-tempat tersebut di atas adalah spot favorit untuk membeli banyak barang dengan harga miring atau untuk dijual lagi bagi masyarakat di wilayah timur Indonesia. Mau tahu keistimewaan tempat-tempat tersebut? Silahkan baca penjelasan singkat berikut.

-Pasar Turi-

Pasar satu ini sudah sangat terkenal sebagai pusat barang-barang mulai dari kain, baju, celana, dan menjadi pusat tengkulak untuk mendapat harga super miring untuk barang yang mereka cari. Tempatnya yang tak jauh dari Tugu Pahlawan Surabaya, membuatnya begitu dikenal dan sudah menjadi pusat tengkulak se Indonesia timur sejak 1970an.

Namun sayangnya tempat ini ‘dibakar’ paksa oleh pesaingnya yang kebetulan tempatnya berada di seberang Pasar turi pada sekitaran tahun 2007. Kebakaran hebat yang terjadi selama lebih dari 24 jam ini telah menghancurkan beratus-ratus toko di Pasar terbesar di kota pahlawan ini.

Layaknya hukum kapitalisme, selama kebutuhan terpenuhi lupakan saja kejadian lampau. Itu pula yang terjadi pada Pasar Turi saat ini. Pusat Grosir Surabaya yang berada di seberang Pasar Turi pun akhirnya dijejali oleh pedagang pindahan dari Pasar Turi.  Dan pelanggan lama pun mulai melupakan pasar lama yang hanya tersisa 1/4 nya saja tersebut. Secara instan, orang dengan instan menganggap PGS sebagai New Pasar Turi. Hingga akhirnya, saya sendiri tidak bisa berpikir akan jadi apa pembangunan Pasar Turi beberapa bulan ke depan. Karena pembangunannya yang baru saja dimulai bulan lalu itu apakah akan laku? Karena pemilik toko yang dahulu berada di sana, kini sudah pindah di New Pasar Turi atau lebih akrab dengan sebutan PGS.

Terlepas dari itu, PGS tetap mampu membuktikan bahwa dia mampu mengambil tongkat estafet dari pendahulunya. Terbukti, di sana seakan pembeli tidak mengenal hari. Setiap hari selalu penuh sesak pembeli dari penjuru negeri ini. Tentunya untuk memborong banyak barang untuk dagangan mereka di tempat mereka tinggal.

Hingga pada akhirnya dengan lebih dari 200 toko dengan berbagai macam barang dagangannya, apa benar PGS menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia timur?

-Tunjungan Plaza-

Mall satu ini pernah saya bahas sejarahnya di catatan FB saya. Namun agar yang tidak meng-add FB saya juga mengerti sejarah dan kedahsyatan Mall terbanyak di Surabaya ini, silahkan klik disini..

Tunjungan plaza memang sudah sejak lama menjadi mall paling terkenal seSurabaya. Dengan 3 mall utama dan satu gabungan dengan Sogo, mall ini memang menjadi salah satu tujuan wisata bagi para pengunjung ibu kota Jawa Timur ini. Tempatnya yang berada di jantung kota Surabaya, dan namanya yang disebut-sebut dalam sebuah lagu membuat mall satu ini mendapat hati bagi banyak orang.

Bagi pecinta brand terkenal sekelas louis vuitton, Raoul, The Executive dll tak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk sekedar mencari brand tersebut. Karena TP telah sejak lama mempunyai toko untuk barang-barang tersebut. Tak ayal, bagi orang dari wilayah timur Indonesia jauh lebih memilih mendarat di Surabaya daripada harus jauh pergi ke ibu kota negara.

Ditambah dengan kehadiran mall baru khusus barang-barang kelas eksekutif seperti Grand City Mall, semakin melengkapi pembuktian Surabaya sebagai penguasa barang paling branded di Indonesia timur.

Melihat dahsyatnya Tunjungan Plaza dengan branded internasionalnya, disokong oleh Grand City pertanyaan yang sama untuk PGS : Apa benar TP menjadi pusat branded terbesar di Indonesia Timur?

-Hi Tech Mall-

Mall satu ini adalah sebuah mall baru di sisi selatan kota Surabaya. Bekas Surabaya Mall ini tidak serupa mall pada umumnya. Disini full barang-barang elektronik macam Laptop, notebook, Ipad, sampe aksesoris kecil untuk melengkapi pencarian manusia Hi Tech abad 21 ini.

Dengan 4 Lantai, dan lebih dari 100 toko di dalamnya, tempat ini sempat dinyatakan sebagai mall untuk barang-barang Hi Tech terbesar di Indonesia timur ketika pertama dikenalkan ke publik. Di sini tak hanya berisi toko yang berjualan segala macam barang-barang berteknologi tinggi saja, namun juga terdapat service center beberapa brand terkenal di Indonesia. Seperti Acer, Vaio, Axioo, dll yang semakin memanjakan para manusia melek teknologi di Surabaya.

Sama halnya dengan TP, Hi Tech mall pun tak berdiri sendiri untuk menerima berjuta pengguna gadget. Sekarang di Surabaya semakin lengkap karena beberapa mall kelas menengah pun tidak mau ketinggalan memberikan banyak space untuk para penggila gadget. Mulai dari Golden City Mall, BG Junction, ITC semuanya memberikan satu lantai penuh untuk dijejali para penggila gadget yang biasanya disandingkan dengan HP center.

Pertanyaan yang tak jauh beda, Apa benar Hi Tech Mall menjadi pusatnya gadget terbesar di Indonesia timur seperti yang sempat mereka ungkapkan di awal kemunculannya?

-WTC & Plaza Marina-

Duo penguasa Handphone center terbesar di Surabaya. WTC dan Plaza marina. Berada di tempat berbeda, namun sama-sama menyajikan hal yang sama yaitu alat komunikasi paling dicari abad 21 : Hand Phone.

WTC memang singkatan dari World Trade Center sama seperti nama gedung yang pernah kena bom di AS. Entah kenapa gedung ini diberi nama WTC, namun yang jelas tempat ini sudah menjadi HP center sejak handphone masih segede buah pisang.😀

Dengan lebih dari 200 toko di dalamnya, dengan 4 lantai full berisi perabotan handphone mulai yang terkenal sampai yang abal-abal. Sedikit lebih berisik dari plaza marina, namun tempat ini tetap diminati dan selalu menjadi jujukan utama untuk yang mau membeli dan menjual hapenya.

Plaza Marina mempunyai nasib yang sama dengan Hi Tech Mall, berada di bekas mall yang pada akhirnya disulap menjadi pusat handphone namun tidak mengganti nama. Plaza marina sebenarnya jauh lebih berani dibanding mall kelas menengah yang menggabungkan gadget dan handphone dalam satu space. Plaza Marina ini benar-benar berjudi dalam bidang handphone. Seakan-akan mereka mencoba menggoyahkan kedigdayaan WTC sebagai satu-satunya pusat handphone berputar di Surabaya.

Dengan berani membuktikan diri sebagai handphone center terbesar di Surabaya, apa benar Plaza Marina dan WTC ini adalah dua Handphone Center penguasa wilayah timur Indonesia?

Itulah tadi beberapa tempat di Surabaya yang telah saya jabarkan panjang lebar beserta kegunaan mereka masing-masing. Jawaban dari pertanyaan tersebut, hanya anda sendiri yang bisa menjawabnya. Namun, jika anda bertanya mengapa saya begitu sombong menanyakan tempat diatas itu sebagai penguasa di wilayah timur Indonesia, jelas anda harus berpikir ulang.

Surabaya sudah sejak lama menjadi kota paling modern di wilayah Indonesia timur. Sebagai kota ekonomi terbesar di negeri ini sejak pertama negara ini didirikan, Surabaya memang berada di grid terdepan dalam masalah modernitas penduduknya. Tak ayal Surabaya yang secara geografis paling dekat dengan kota-kota besar di Timur nusantara seperti Makassar, Bali, Manado, Ambon, dan Jaya pura ini pada akhirnya menjadi tujuan utama yang bisa dicapai. Mengapa?

Jika anda tinggal di Makassar contohnya. Di Louis Vuitton jakarta ada tas yang anda suka. Sementara di Louis Vuitton TP barang tersebut juga ada. Anda pasti lebih memilih terbang ke Surabaya daripada ke Jakarta. Karena tiket Makassar-Surabaya jauh lebih murah daripada Makassar-Jakarta. Pertama, anda lebih hemat di kantong. Kedua, selisih uang Makassar-Jakarta bisa anda pakai untuk mencari barang lain.  Hal yang sama terjadi pada banyak tengkulak yang rela menyebrang ke Tanjung Perak demi barang dagangan yang bisa mereka jual lagi di tempat mereka.

Hingga pada akhirnya, apa benar yang saya tanyakan di atas? Tanyakan pada hati anda masing-masing.🙂

Salam Dunia Bond Chan.

One thought on “Selamat Ulang Tahun Surabaya Part 2 -Apa Benar?-

  1. Ping-balik: Selamat Ulang Tahun Surabaya Part 5 -Tanggung Jawab Ibu Kota- « Dunia Bond Chan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s