Happy 3rd Anniversary Dunia Bond Chan –Membayar Lunas Hutang 70 Tulisan-


Dunia bond chan awalnya hanya sebuah blog iseng yang tak berbeda jauh dengan blog lama yang pernah saya buat. Saya dulu pernah membuat blog di blogspot beberapa kali karena tertarik dengan buku panduan membuat blog yang saya beli dulu. Lambat laun tidak ada yang menarik yang bisa saya tuliskan di situ. Bahkan saya sudah lupa dengan blog saya yang dulu. Hingga pada akhirnya saya tinggalkan blog saya yang lama itu. Dan waktu masuk kuliah, entah darimana dapat wangsit untuk membuat blog yang isinya sudah ga perlu saya pedulikan maksud dan tema dari blog itu. Jadilah dunia bond chan. Sebuah blog yang tidak ada tema khusus yang mau dibawa, hanya apa yang ada di pikiran saya, itu yang akan saya bahas.

Semakin tua usia dunia bond chan, menurut saya sendiri tidak banyak yang berubah dari segi apa yang menjadi tujuan awal saya menulis di blog ini. Masih tetap sama. Hanya yang berbeda cara penyampaian saja yang lebih rapi. Sejujurnya, sangat jujur. Saya sendiri sering tertawa kalau membaca tulisan-tulisan di dunia bond chan yang lama. Tapi persetan dengan semua itu. Menurut saya dunia bond chan adalah dunia saya menuliskan semua hal yang ada di pikiran saya. Dan apa yang saya pikir waktu dulu bisa menjadi pembelajaran dan saya sering katakan di komentar2 kalau memang tulisan saya ada satu saja yang tidak menggunakan sumber akan saya hapus langsung sebagai bentuk pertanggung jawaban.  Pada kenyataanya, tulisan di dunia bond chan dari jaman review film sang pemimpi hingga PKL Bukan Masalah Ekonomi Indonesia semua ada sumber dan tidak ada satupun yang saya hapus karena tidak ada yang bisa membantah.

Tujuan saya membuat dunia bond chan sebenarnya simpel sekali. Saya mempunyai pendapat yang panjang dan lebar, dan saya ingin orang membaca apa yang ingin saya sampaikan tanpa terpotong. Klise ya seperti blogger lain ketika ditanya hal yang sama. Ya memang beginilah kenyataanya. Saya membuat blog memang untuk itu. Dan saya ingin pembaca saya menikmati apa yang saya pikirkan. J

Dunia bond chan ini buat saya lebih dari sekedar blog. Di tempat ini saya belajar untuk menyampaikan pendapat dengan penuh rasa tanggung jawab. Di tempat ini saya berpikir dan lebih simpatik tentang segala hal yang tidak atau belum dipikirkan oleh orang lain. Dan menurut saya setiap orang yang datang ke blog ini harus tahu tentang itu.

Walaupun kesibukan beberapa tahun ini yang meningkat membuat saya menomor dua kan blog ini, tapi saya tetap tidak lupa untuk memposting tulisan disini walaupun yah waktunya sebulan sekali atau kalau lagi ada waktu bisa seminggu sekali.

Perjalanan dunia bond chan di usia kedua tahun ini harus saya akui sangat-sangat tidak produktif. Anda bisa lihat di arsip, hanya ada bulan januari,mei,september,oktober dan desember. Sangat-sangat tidak produktif tulisan saya di usia dunia bond chan yang ke dua tahun ini. Bandingkan dengan 2011 yang hanya bulan juli saya tidak ada satu tulisan sama sekali. Apalagi dengan tahun pertama dunia bond chan di tahun 2010 yang tidak absen satu tulisan pun dalam sebulan. Saya sendiri sebenarnya merasa tidak bisa membagi waktu antara menulis dunia bond chan dengan kerjaan serta kuliah. Sempat saya buat gebrakan bahwa tulisan di dunia bond chan akan terbit setiap hari jumat, ternyata hanya berjalan dua bulan saja. Setelahnya saya tertabrak kesibukan akhir tahun –yang udah kerja pasti tahu maksudnya- yang memang baru selesai dan sedikit tenang di hari ini. Tapi sekarang sudah libur natal, dan setelahnya kuliah masuk beberapa minggu saja lalu UAS dan libur semester saya sendiri berharap bisa menyelesaikan hutang beberapa tulisan saya yang sudah bejibun baik di dunia bond chan dan di Gak Cuma Makan. Termasuk menulis tentang arthur’s day yang maaf beribu maaf buat yang udah nunggu janji saya belum bisa ditepati hingga hari ini. Tapi kerangka nya sudah siap, tinggal tulis saja.

            Membicarakan ulang tahun ga bisa dilepaskan dari resolusi. Apa yang ingin dicapai dalam menjalani usia ketiga dari dunia bond chan?? Sebenarnya simpel saja apa yang ingin saya capai di tahun ketiga ini. Saya punya hutang tulisan sebanyak : 70 tulisan yang harus saya lunasi dan itu belum termasuk tulisan mingguan!! Dan saya harus bisa menyelesaikan itu sebelum dunia bond chan masuk ke usia ke empat tahun. Hanya itu satu-satunya resolusi yang ingin saya capai.

Buat yang mau tahu apa maksudnya punya hutang 70 tulisan, begini penjelasannya. Saya sendiri sebelum gebrakan 7 september 2012 yang mengumumkan akan memposting tulisan di dunia bond chan setiap hari jumat, saya sudah berjanji ke diri sendiri akan setiap minggu posting tulisan baru dengan hari yang terserah. Asal satu minggu satu tulisan. Nah dari awal terbentuknya dunia bond chan hingga sekarang, tulisan di dunia bond chan ini seharusnya sudah ada 153 tulisan. Tapi ternyata baru 83 yang baru tercapai. So, saya masih berhutang tulisan 70 tulisan.

Bagaimana saya melunasi semua itu?? Saya berjanji akan mulai menulis 3 tulisan dalam seminggu. Semoga saya bisa!!!

Tinggalkan Balasan

