Review RPM Release 56 -Rasakan Jantung Berlari Sampai Puncak-


RPM release 56 ini sebenarnya adalah salah satu release terberat yang pernah saya temui. Minim istirahat, resistance diputar sampai maksimal di track ke 3, dan ada interval training dengan resistance tinggi di track 5 jelas membuat detak jantung, keringat ga bisa diatur oleh otak. Menurut salah satu instruktur di celebrity fitness surabaya, release ini ditujukan untuk memberi exercise di jantung. Dimana heart rate dinaikkan sampe batas tertinggi yang bisa dicapai demi mendapatkan jumlah kalori yang banyak.

Ada cerita lucu di beberapa hari sebelum launching RPM release ini di Celebrity fitness tunjungan plaza. Beberapa instruktur kompakan untuk memberi penjelasan (atau lebih seperti mewanti-wanti) bahwa lagu-lagu di release ini mungkin agak ga enak dan ga sesuai dengan koreo. Dan hasilnya beberapa member advance yang hadir pun ketika ditanya tentang gimana lagu di release baru ini?? Mereka Cuma diem dan seperti sudah tersugesti. Saya juga salah satu yang tersugesti. Tapi setelah menjalani beberapa kali menggunakan release 56 ini, enak kok. Siapa bilang ga cocok?? Bahkan ketika beberapa minggu terakhir sebelum ganti release 57, saya merasa exercise di release 56 ini cetar membahana..😀

Mari kita bahas satu-satu isi dari release 56 ini…

RPM release 56 ini dibuka dengan lagu dari train yang berjudul drive by. Buat yang nyadar, lagu ini cukup panjang untuk ukuran pemanasan. Ada 5 racing, 3 ride easy. Yang saya rasakan sih, dari pemanasan sudah terlihat akan dibawa kemana jantung kita. Sadarkah anda dengan 5 racing nya?? Walaupun ada beberapa instruktur menjadikan 5 ride easy dan 3 racing, tapi saya lebih suka melakukan 5 racing dan 3 ride easy untuk membuat jantung saya panas sejak track 1.

Track kedua standart menurut saya. Ga berbeda dengan we found love di release 55. Ada tiga racing, dua aero,dan dua standing climb. Di track kedua ini, banyak yang setuju kalau lagunya kurang ngena di telinga. Dan saya juga setuju akan hal itu. Itulah sebabnya beberapa instruktur di tempat saya ngegym sering mengganti dengan till the world end release 53.

Track ketiga.. Salah satu track favorit saya. Koreo sih standart dan bisa dibilang sama dengan track tiga pada umumnya. Masih belum ada yang bisa mengalahkan ecuador  release 47 soal semangatnya. Tapi saya suka dengan lagu dan musiknya. Dan ada satu ketukan khusus untuk menaikkan resistance yang mana jadi sesuatu yang menyenangkan saat menaikkan resistance. Dibuka dengan standing climb medium level, lalu ride easy,standing climb medium level, lalu power climb di medium level, dan standing climb lagi di hard level sampai standing attack cukup seru. Repetisi 3x koreo yang sama menurut saya seperti repetisi untuk exercise otot dan membuat heart rate ditendang terus sampai puncak. Apalagi recovery yang terhitung sebentar. Itulah mengapa saya begitu suka dengan track ini sejak pertama diperkenalkan.

Track ke empat. Salah satu yang terpendek tapi di akhirnya menyenangkan. Tiga kali racing pendek. Hanya 10 detik. Recovery 30 detik. dan tanpa climbing. Mungkin buat yang belum pernah ngerasain release ini pasti seneng ga ada standing climb. Tapi buat yang sering merasakan, pasti akan berkata : hanya di track empat ini kita bisa bernafas dengan tenang. Karena memang setelah track empat, negara api menyerang. #halah😀 Maksudnya, setelah track empat, RPM bukan lagi RPM. Tapi sudah seperti peloton. Bernafas sebentar dan tarik lagi.

Track ke lima. Ga terlalu suka dengan track ini. Awalnya saya pikir track ini mirip dengan piranha release 45. Tapi sedikit ada perbedaan. Track ini punya standing climb panjang dan power climb yang panjang juga. Dibungkus dalam 3 blok. Perbedaanya dengan piranha lebih terasa interval trainingnya. Karena ada 4 kali naik turun standing climb-power climb. Tapi di track ini, masing-masing blok hanya ada dua standing climb dan power climb. Lagunya juga kurang enak di kuping menurut saya dan beberapa teman yang sempat saya tanyakan. Termasuk beberapa instruktur yang lebih suka mengganti lagu ini dengan scary monster release 54.

Track ke enam. Track ini juga salah satu favorit saya. Dan track ini sudah masuk dalam release 2012 versi saya yang berisi track terbaik di tahun 2012. Salah satu track ke enam terbaik yang paling saya suka selain popiholla release 50, dan never cry again release 47. Track ini adalah yang pertama saya suka waktu launching release 56 ini. Kalau sebagian orang berpedapat track 6 adalah aktif recovery sama dengan track empat, namun di track enam release ini, tidak ada aktif recovery. Karena yang ada heart rate dipacu untuk naik hingga ke puncak yang sesungguhnya. Guna mencapai kalori tertinggi, dan heart rate terbaik, sebelum di track ke tujuh power kaki akan dikuras habis-habisan. Terdiri dari 4 racing super panjang, dan tiga aero racing membuat track ini bisa dikatakan sebagai pernyataan sesungguhnya bahwa release 56 ini adalah exercise untuk heart rate. Beat lagu push the tempo yang memang rancak memang mampu membuat RPM maniac akan bergerak kesetanan hingga lupa segalanya.

Track ke tujuh. Track ini seperti pada umumnya adalah track untuk membuat kaki lebih kuat. Lebih banyak tanjakan. Dan selalu digambarkan kita sudah berada dekat dengan puncak gunung. Tinggal selangkah lagi menuju finish di puncak gunung. Track ke tujuh release ini bisa dibilang sama dengan release will i ever release sebelumnya. Hanya ada dua recovery dengan ride easy dan dua standing recovery. Lagunya pun hampir mirip, tapi saya lebih suka dengan yang ini karena kalau dirasakan, memang terasa sekali kita seperti mengikuti perjalanan apollo. Dan ada suara pecahan dia akhir membuat sensasi lelah dan teriakan terasa sangat khusyuk. Bagian akhir ini yang paling saya suka dari track ini. Di track ini ada dua opsi untuk RPM maniac. Opsi pertama  4 standing climb high level. 2 standing climb medium level. 2 standing attack. 2 power climb. Dan opsi kedua 2 standing climb high level, 2 standing climb medium level, 2 standing attack, dan 4 power climb. Tapi buat saya opsi pertama lebih baik. Karena lebih berat dibanding opsi kedua. Bagaimana dengan anda??

Overall release ini bagus. Saya suka sama exercisenya. Ditambah dengan lagu-lagu yang sesuai dengan koreo. Salah besar kalau ga sesuai. Dan satu lagi, release ini menurut saya membantu saya menjauh dari penyakit stroke dan jantung. Karena memang release ini bener-bener bikin jantung lompat sampai puncak kemampuan jantung kita.

 

 

Salam

 

Bond Chan

One thought on “Review RPM Release 56 -Rasakan Jantung Berlari Sampai Puncak-

  1. Ping-balik: Nominasi Release Terbaik 2012 –Yang Mana Pilihan Anda??- | Dunia Bond Chan

Tinggalkan Balasan

